Trinitas

لَّقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ ۘ وَمَا مِنْ إِلَـٰهٍ إِلَّا إِلَـٰهٌ وَاحِدٌ ۚ وَإِن لَّمْ يَنتَهُوا عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga (dalam trinitas)”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.
QS. al-Mai’dah (5) : 73

Simak ilustrasi dari sodara islamsampaimati, tentang pribadi seorang waria berikut :

Dalam sebuah operasi polisi pamong praja untuk menertibkan para waria yang beroperasi dikolong jembatan layang dan di taman-taman kota, para polisi tersebut berhasil menjaring beberapa waria. Malam itu juga salah seorang petugas menginterograsi salah seorang waria.

‘Siapa namamu ?’ tanya petugas
‘Donna ooomm,’ jawab waria tersebut centil.
‘Yang benar’ tanya petugas sekali lagi
‘Benar oooommm’
‘Lihat KTP-nya’, kemudian waria itu menyodorkan KTP yang kebetulan punya KTP, dan petugas itupun memeriksanya
‘Lho kok di sini namanya Donni bukan Donna?’
‘Kamu memalsukan KTP ya?

‘Ah Om ini kayak nggak tahu aja, saya kalau malam bernama Donna kalau siang Donni, tapi kalau om cari saya disalon orang-orang pada memanggil saya Ni-Na singkatan dari Donni dan Donna, karena mereka bingung saya ini cewek atau cowok.

Begini Om, saya sendiri bingung, kalau siang saya ini betul-betul sebagai seorang cowok om, pernah dorong truk, pernah ikut kerja bakti, pernah ngejar-ngejar anjing karena saya digigit, saya juga pernah berkelahi sama pak RT gara-gara mengganggu ketertiban dan saya menang berkelahinya, pokoknya saya ini disiang hari betul-betul sebagai seorang cowok, makanya orang-orang memanggil saya Donni.

Tetapi Om, kalau malam hari saya ini gemulai, jalan saya seperti foto model, terbukti om berhasil nangkep saya, karena pada malam hari saya betul-betul seperti wanita tulen, bahkan saya ini lebih cantik daripada wanita pada umumnya, bahkan perasaan saya pada malam hari selembut perasaan wanita, sesabar wanita, makanya temen-temen memanggil saya Donna, gitu Om.

Terus , ketika petang saya kerja di salon untuk nambah income, temen-temen salon pada memanggil saya Ni-Na om, mereka bingung, karena saya ini Donna sekaligus Donni Om, jadi jangan menuduh saya memalsukan KTP om ya, karena memang seperti itu pribadi saya, satu tubuh mempunyai tiga pribadi, sebagai Donna, sebagai Donni dan sebagai Ni-Na. Tapi saya hanya satu om.

Kalau om nagkep Donna seperti sekarang ini, berarti om juga nangkep Donni dan Ni-Na ,saya nggak bisa minta tolong sama Donni om, karena Donni itu ya saya ini, dan saya juga nggak bisa minta tolong sama Ni-Na, karena Ni-Na itu ya saya om,Moga-moga om ngerti tentang pribadi saya dan memaklumi dan tidak menuduh saya memalsukan KTP.

Ya..ya..ya.., sahut petugas termanggut-manggut.
Inilah Trinitas.
https://putramaryam.wordpress.com/2009/12/18/sungguh-telah-kafir-orang-yang-berkata-bahwa-allah-ialah-almasih-putra-maryam/#comment-467

Demikian, dan jika Donna dalam cerita tersebut pada malam itu mati, maka esok harinya polisi tersebut tidak akan menemukan Ni-Na di salon tempat dia bekerja.

Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Zat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.

Bagaimana mungkin tuhan mereka mati disalib dan ada dua tuhan lain yang hidup, padahal mereka bertiga zat yang satu? Maha suci Allah dari apa yang mereka sifatkan.

Katakanlah: “Dialah Allah yang Esa“.

Published in: on Januari 8, 2010 at 4:04 pm  Comments (48)  

The URI to TrackBack this entry is: https://putramaryam.wordpress.com/2010/01/08/trinitas/trackback/

RSS feed for comments on this post.

48 KomentarTinggalkan komentar

  1. assalaamu’alaykum..

    mas sebelumnya saya mau konfirmasi dulu kalo itu bukan tulisan saya, saya cuma copas aja dari milist tapi ga tau siapa yang nulis, makanya ga saya cantumin.

    Sebenernya penjelasannya masih panjang, biar lebih jelas saya lanjutin tulisannya nih😉

    :

    Dari uraian di atas pengertian Trinitas mempunyai kesamaan dengan pengertian Waria, yaitu :

    – Yesus adalah jelmaan Allah Bapa begitu juga Donna adalah jelmaan dari Donni
    – Yesus dan Allah Bapa adalah satu begitu juga dengan Donna dan Donni adalah Satu
    – Yesus sama dengan Allah Bapa begitu juga Donna sama dengan Donni
    – Yesus adalah jelmaan Allah Bapa yang turun ke bumi begitu juga Donna adalah jelmaan Donni yang keluar pada waktu malam hari.
    Kontradiksi-Kontradiksi Trinitas

    Kontradiksi-kontradiksi yang akan kita kaji adalah sebagai bukti bahwa konsep Trinitas adalah sebuah konsep yang lahir dari salah tafsir terhadap ayat-ayat yang sejatinya bukan ayat-ayat Trinitas tetapi dipaksakan sebagai ayat-ayat Trinitas. Kontradiksi-kontradiksi itu antara lain sebagai berikut :

    1. Kenapa Yesus Memperkenalkan Allah
    Ada sebuah ayat yang hampir mirip dengan syahadatnya orang Islam *):

    Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Injil Yohanes 17:13

    Dalam ayat itu Yesus menyebut bahwa satu-satunya Tuhan hanyalah Allah, mengapa dia tidak menyebut bahwa satu-satunya Tuhan yaitu aku, bahkan Yesus menyebut bahwa dia hanyalah utusan Allah. Ayat tersebut menyangkal penafsiran bahwa Yesus adalah jelmaan Allah dan menyangkal bahwa Yesus adalah Allah.

    Bila kita analogikan dengan kasus waria Donna dan Donni, mungkinkah akan terjadi pernyataan sebagai berikut :

    ‘Om..om harus tahu bahwa Donni adalah seorang laki-laki perkasa dan om harus tahu bahwa Donna adalah seorang wanita utusan Donni untuk kerja malam hari’

    Tentu saja tidak akan mungkin terjadi pernyataan seperti itu, karena Donna adalah Donni, tidak mungkin Donna mengatakan aku adalah utusan Donni kecuali Donna sudah lupa ingatan. Kalau diklaim bahwa Yesus adalah Allah mungkinkah Yesus mengatakan aku adalah utusan Allah ?

    2. Kenapa Yesus Memohon Pertolongan
    Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan. Ibrani 5:7

    Ayat itu mengisahkan bahwa Yesus selalu berdoa dan memohon kepada Allah. Kalau diklaim bahwa Yesus adalah Allah, mungkinkah Yesus memohon kepada dirinya sendiri atau Yesus lupa bahwa Allah itu adalah dirinya sendiri ?. Tidak mungkin, yang paling mungkin adalah Allah itu bukan Yesus tetapi Tuhannya. Seperti kasus Donna dan Donni, mungkinkah ketika Donna ditangkap oleh petugas lalu me-minta pertolongan kepada Donni.? Tentu tidak mungkin karena Donni adalah dia sendiri, kecuali Donna sudah gila sehingga dia menganggap Donni adalah orang lain.

    3. Kenapa Yesus Duduk Berdampingan
    …Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.” Matius 26:64

    Yesus mengatakan kepada orang-orang Yahudi bahwa setelah Yesus terangkat ke langit, Yesus akan duduk disebelah kanan Allah yang Maha Kuasa. Kalau Allah adalah Yesus mungkinkah Yesus mengatakan akan duduk disebelah kanan Allah ? tentu tidak mungkin, hal ini hanya mungkin bila Yesus dan Allah beda Dzat.

    Dalam kasus Donna dan Donni, mungkinkah Donna mengatakan aku akan duduk di samping Donni ?, tentu saja tidak mungkin kecuali Donni adalah orang lain.

    mudah-mudahan rekan-rekan kristen dengan lapang dada mau menerima kenyataan bahwa mereka telah tersesat dan bersedia kembali kejalan yang benar, amin…

    • Penjelasan yang baik, walaupun tulisan itu bukan dari anda, menurutku asalkan si penulis menulisnya untuk membela agama Allah, bukan untuk uang, saya kira dia tidak keberatan jika tulisannya saya bahas disini.

  2. banyak ayat yang anda gunakan sebagai dasar untuk menganggap Yesus adalah hanya sekedar manusia biasa, bgini mas…

    saya akan jabar kan ttg ayat alkitab yang memuat sisi manusia dari Yesus…
    1. Tuhan tidak punya silsilah, kecuali manusia. (Mat 1:1-16, Luk 3:23-38)
    2. Tuhan tidak lahir, kecuali manusia (Mat 1:18, Luk 2:11)
    3. Malaikat bersaksi Yesus hanyalah seorang anak bukan Tuhan (Mat 2:13, 20)
    4. Yesus orang Nazaret (Mat 2:23)
    5. Yesus dibaptis manusia (Mat 3:13, Mark 1:9)
    6. Yesus merasa lapar (Mat 4:2)
    7. Yesus digoda & dibawa iblis (Mat 4:3,5,8 Mar 1:13)
    8. Yesus bersyukur kepada Allah (Mat 11:25)
    9. Yesus akui dirinya nabi (Mat 13:57)
    10. Yesus berdoa (Mat 14:23)
    11. Yesus harus berseru kepada Allah meminta bantuan (Mat 26:53)
    12. Yesus kesakitan akan mati dan menyeru kepada Allah (Mat 27:46)

    Ayat-ayat yang dikutip di atas merupakan bukti dari kemanusiaan Yesus. Namun selain manusia, Yesus juga adalah Allah sehingga pertanyaan “Apakah Yesus, Allah atau manusia?” tidaklah tepat karena Yesus adalah Allah dan manusia.

    Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
    Yoh 1:14 Firman itu telah menjadi manusia,…

    Fil 2:6-7 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

    Berikut ini daftar ayat-ayat bukti keilahian Yesus.

    A. IMPLISIT KRISTOLOGI
    1. Fungsi & Peran Ilahi dari Yesus
    a. Berkaitan dengan alam semesta

    (1) Pencipta (Yoh 1:3; Kol. 1:16; Ibr. 1:2)
    (2) Penopang (1 Kor. 8:6; Kol. 1:17; Ibr. 1:3)
    (3) Sumber Kehidupan (Yoh 1:4; Kis 3:15)
    (4) Sumber Pengaturan (Mat. 28:18; Rom. 14:9; Why. 1:6)

    b. Berkaitan dengan umat manusia

    (1) Menyembuhkan sakit (Mar 1:32-34; Kis 3:6; 10:38)
    (2) Mengajar dengan otoritas (Mar 1:21-22; 13:31)
    (3) Mengampuni dosa (Mar 2:1-12; Luk 24:47; Kis 6:31;
    Kol. 3:13)
    (4) Memberikan keselamatan atau hidup yang kekal (Kis 4: 12;
    Rom. 10:12-14)
    (5) Mengutus Roh Kudus (Mat. 3:11; Kis 2:17, 33)
    (6) Membangkitkan orang mati (Luk 7:11-17; Yoh 5:21; 6:40)
    (7) Menjalankan penghakiman (Mat. 25:31-46; Yoh 5:19-29;
    Kis 10:42; 1 Kor. 4:4-6)

    2. Status Ilahi dari Yesus
    a. Dalam hubungan dengan Bapa

    (1) Memiliki atribut ilahi (Yoh 1:4; 10:30; 21:17;
    Ef. 4:10; Kol. 1:19; 2:9)
    (2) Eksistensi yang kekal (Yoh 1:1; 8:58; 12:41; 17:5;
    1 Kor. 10:4; Fil. 2:6; Ibr. 11:26; 13:8; Yud 5)
    (3) Sama dalam status derajat kehormatan (Mat. 28:19; Yoh 5:23;
    2 Kor. 13:14; Why. 22:13; cf. 21:6)
    (4) Sumber Wahyu (Yoh 1:18; 14:9; Kol. 1:15; Ibr. 1:1-3)
    (5) Perwujudan dari kebenaran (Yoh 1:9, 14; 6:32; 14:6; Why. 3:7,14)
    (6) Pemilik bersama kerajaan Allah (Ef. 5:5; Why. 11:15),
    gereja (Rom. 16:16), Roh (Rom. 8:9; Fil. 1:19),
    bait Allah (Why. 21:Z), nama ilahi (Mat 28:19; cf. Why. 14:1),
    dan tahta (Why. 22:1, 3)

    b. Dalam hubungan dengan umat manusia

    (1) Penerima pujian (Mat 21:16-16; Ef. 6:19; 1 Tim. 1:12;
    Why. 5:8-14)
    (2) Penerima doa (Kis 1:24; 7:59-60; 9:10-17,21;
    22:16,19; 1 Kor. 1:2; 16:22; 2 Kor. 12:8)
    (3) Objek dari iman yang menyelamatkan (Yoh 14:1; Kis 10:43; 16:31;
    Rom. 10:8-13)
    (4) Objek dari penyembahan (Mat 14:33; 28:9,17; Yoh 5:23; 20:28;
    Fil 2:10-11; Ibr. 1:6; Why. 5:8-12)
    (5) Sumber berkat (1 Kor. 1:3; 2 Kor. 1:2; Gal. 1:3;
    1 Tes. 3:11; 2 Tes. 2:16)
    (6) Objek dari kidung pujian (2 Tim 4:18; 2 Pet. 3:18; Why. 1:5b-6;
    5:13)

    B. EKSPLISIT KRISTIOLOGI
    1. Ayat-ayat tentang Yahweh dalam PL ditujukan pada Yesus

    a. Karakter dari Yahweh (Kel. 3:14 and Yes 43:11 berkaitan dengan Yoh 8:68; Maz. 101:27-28 LXX [MT 102:28-291] dikutip dalam Ibr. 1:11-12; Yes 44:6 berkaitan dengan Why. 1:17)
    b. Kesucian Yahweh (Yes 8:12-13 dikutip dalam 1 Pet.3:14-15)
    c. Deskripsi dari Yahweh (Yeh. 43:2, Dan. 10:6-6 berkaitan dengan Why. 1:13-16)
    d. Penyembahan pada Yahweh (Yes 45:23 berkaitan dengan Fil. 2:10-11;
    Ul. 32:43 LXX dan Maz. 96:7 LXX [MT 97:7] dikutip dalam Ibr. 1:6)
    e. Pekerjaan Yahweh dalam mencipta (Maz. 101:26 LXX [MT 102:27] dikutip dalam Ibr. 1:10)
    f. Keselamatan dari Yahweh (Yoel 2:32 [MT 3:5] dikutip dalam Rom. 10:13; Kis 2:21; Yes 40:3 dikutip dalam Mat. 3:3)
    g. Kepercayaan pada Yawheh (Yes 28:16 dikutip dalam Rom. 9:33;
    10:11; 1 Pet. 2:6)
    h. Penghakiman dari Yahweh (Yes 6:10 berkaitan dengan Yoh 12:41; Yes 8:14 dikutip dalam Rom. 9:33 dan 1 Pet. 2:8)
    i. Kemegahan dari Yahweh (Maz. 68:18 [MT v. 19] dikutip dalam Ef. 4:8)

    2. Titel ilahi dilekatkan pada Yesus

    a. Anak Manusia (Mat. 16:28; 24:30; Mar 8:38; 14:62-64; Kis 7:56)
    b. Anak Allah (Mat.11:27; Mar 15:39; Yoh 1:18; Rom. 1:4;
    Gal.4:4; Ibr. 1:2)
    c. Mesias (Mat. 16:16; Mar 14:61; Yoh 20:31)
    d. Tuhan (Mar 12:36-37; Yoh 20:28; Rom. 10:9, 1 Kor. 8:6-6; 12:3;
    16:22; Fil. 2:11; 1 Pet. 2:3; 3:15)
    e. Alfa dan Omega (Why. 22:13; cf. 1:8; 21:6)
    f. Allah (Yoh 1:1,18; 20:28; Rom. 9:5; Tit 2:13; Ibr. 1:8;
    2 Pet. 1:1)

    Pembahasan ini hanya berupa daftar lengkap bukti-bukti keilahian Yesus melengkapi bukti kemanusiaanNya.

  3. haha… makin keliatan deh kacaunya. Padahal cukup dengan mengimani Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan menerima Yesus (Isa Al Masih) sebagai hamba sekaligus Rasul utusan Allah, beres deh segala kebingungan sampean😀

    Saya yakin kok, walaupun anda ngotot sampe berbusa tu mulut tapi hati kecil dan akal sehat sampean ga bisa nerima penjelasan yang membingungkan seperti yang anda uraikan di atas itu.

  4. santai mas…kata2nya yang sopan saja…kan enak diskusinya,

    ya, bgini mas…saya hanya jawab dari pertanyaan nya koq….kalau anda menginginkan jawaban ya itu jawabannya dan itu kebenarannya, kalau memang anda tidak menginginkan ya tidak apa2…

    diskusinya kita yang sopan aja mas…jadi ga perlu ada hujat menghujat..okeh? ^^

    gini deh..mana yang membingungkan…??
    saya akan jelaskan, sebutkan satu saja yang membingungkan…

  5. banyak yang saya bingungkan😀

    salah satunya saya bingung dengan ayat2 ini

    (1) EZRA 2:5 VS NEHEMIA 7:10.
    Dalam Ezra, jumlah anak Arah TERTULIS: “775 orang”, TETAPI dalam Nehemia: “652 orang”.

    (2) 2 RAJA-RAJA 8:26 VS 2 TAWARIKH 22:2.
    Dalam 2 Raja-raja, umur Ahazia ketika naik raja TERTULIS: “22 tahun”, TETAPI dalam 2 Tawarikh: “42 tahun”.

    (3) 2 RAJA-RAJA 24:8 VS 2 TAWARIKH 36:9.
    Dalam 2 Raja-raja, lamanya raja Jojachin berkuasa TERTULIS: “3 bulan”, TETAPI dalam 2 Tawarikh: “3 bulan 10 hari”.

    (4) 2 SAMUEL 10:18 VS 1 TAWARIKH 19:18.
    Dalam 2 Samuel, yang dibinasakan Daud TERTULIS: “700 ekor kuda kereta”, “40.000 orang BERKUDA”, dan “panglima perang SOBACH”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “7.000 ekor kuda kereta”, “40.000 orang BERJALAN KAKI”, dan “panglima perang SOFACH”.

    (5) 2 SAMUEL 8:9-10 VS 1 TAWARIKH 18:9-10.
    Dalam 2 Samuel, nama raja Hamat dan anaknya TERTULIS: “Toi dan Yoram”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “Tohu dan Hadoram”.

    (6) 2 SAMUEL 23:8 VS 1 TAWARIKH 11:11 (1).
    Dalam 2 Samuel, nama pahlawan yang mengiringi Daud TERTULIS: “Josech Basjebet anak Tachkemoni”, “kepala SEGALA PENGHULU”, dan “menikam 800 orang”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “Yasobam anak Hachmoni”, “kepala ORANG TIGA PULUH”, dan “menikam 300 orang”.

    (7) 2 SAMUEL 24:1 VS 1 TAWARIKH 21:1.
    Dalam 2 Samuel, yang mengajak Daud melawan Israel TERTULIS: “TUHAN”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “SETAN”!

    (8) YOHANES 1:18 VS KEJADIAN 18:1 & 32:30.
    Dalam Yohanes TERTULIS: “hanya Yesus yang melihat Allah”, TETAPI dalam Kejadian 18 & 32: “Abraham dan Yakub pun pernah melihat Allah”. (bertentangan literatur).

    (9) 2 SAMUEL 8:8 VS 1 TAWARIKH 18:8.
    Dalam 2 Samuel, tempat dimana raja Daud memindahkan perunggu TERTULIS: “Tebach dan Berotai”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “Tibchat dan Chun”.

    (10) KELUARAN 4:22 VS YEREMIA 31:9.
    Dalam Keluaran, yang merupakan anak sulung Allah TERTULIS: “ISRAIL”, TETAPI dalam Yeremia: “AFRAIM”.

    (11) YOHANES 5:31 VS YOHANES 8:14.
    Dalam Yohanes 5, perkataan Yesus TERTULIS: “Jika aku menyaksikan dari hal diriku, maka kesaksianku itu TIDAK BENAR”, TETAPI dalam Yohanes 8: “Jika aku menyaksikan dari hal diriku, maka kesaksianku itu BENAR”. (bertentangn redaksi).

    (12) YOHANES 10:38 & 14:11 VS YOHANES 14:28.
    Dalam Yohanes 10:38 & 14:11, perkataan Yesus TERTULIS: “Bapa di dalam aku dan aku di dalam Bapa (karena itu Yesus = Tuhan)”, TETAPI dalam Yohanes 14:28 Yesus berkata: “..Bapa LEBIH BESAR dari aku”. (bertentangan prinsip).

    (13) YOHANES 14:9 VS YOHANES 5:37.
    Dalam Yohanes 14, TERTULIS: “Yesus berkata: Siapa yang melihat aku, dia telah melihat Bapa”, TETAPI dalam Yohanes 5: “Yesus berkata: rupa-Nya (Bapa) pun tidak pernah kamu lihat”. (bertentangan prinsip).

    (14) YOHANES 10:30 VS YOHANES 17:11,21,22,23.
    Dalam Yohanes 10, TERTULIS: “Yesus menyatu dengan Bapa (karena itu Yesus = Tuhan)”, TETAPI dalam Yohanes 17: “Yesus menyatu dengan murid2nya”. (salah persepsi).

    (15) MATIUS 3:17 VS MATIUS 5:9; KELUARAN 4:22 & YEREMIA 31:9.
    Dalam Matius 3, TERTULIS: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan (karena itu Yesus = Anak Allah)”, TETAPI dalam Matius 5: “Yesus berkata: Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah”, dalam Keluaran: “Israel adalah anak sulung Allah”, dan dalam Yeremia: “Afraim adalah anak sulung Allah”. (salah persepsi).

    (16) MATIUS 1:20 VS LUKAS 1:41.
    Dalam Matius, TERTULIS: “…Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus (karena itu Yesus = Roh Kudus)”, TETAPI dalam Lukas: “…dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus”. (salah persepsi).

    (17) 1 KORINTUS 8:6 VS ULANGAN 4:35 & MARKUS 12:29.
    Dalam 1 Korintus, TERTULIS: “Paulus berkata: hanya ada satu Allah saja yaitu Bapa dan hanya ada satu Tuhan saja yaitu Yesus Kristus”, TETAPI dalam Ulangan: “Tuhan itulah Allah, dan kecuali Dia tiada yang lain lagi”, dan dalam Markus: “Yesus berkata: Hai Israel, adapun Allah, Tuhan kita, Tuhan yang Esa”. (bertentangan prinsip).
    (18) 1 KORINTUS 8:6 VS MATIUS 15:24 & YOHANES 17:3.
    Dalam 1 Korintus, TERTULIS: “Paulus berkata: …dan hanya ada satu Tuhan saja yaitu Yesus Kristus”, TETAPI dalam Matius: “Yesus berkata: Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel”, dan dalam Yohanes: “Yesus berkata: …mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus”. Menurut Yesus sendiri, dia adalah UTUSAN TUHAN. (bertentangn prinsip).

    (19) LUKAS 2:11 VS MATIUS 6:6-15 & 7:21.
    Dalam Lukas, TERTULIS: “Malaikat berkata: telah lahir juru selamat yaitu Kristus Tuhan itu”, TETAPI dalam Matius 6:6-15 “Yesus menyuruh umatnya untuk berdoa kepada Bapa (Allah)”, dan dalam Matius 7:21 “Yesus berkata: “bukan tiap2 orang yang menyeru aku, Tuhan, Tuhan, yang akan masuk surga, hanyalah orang2 yang melakukan kehendak Bapaku yang di surga”. (bertentangan prinsip).

    (20) MATIUS 1:21 VS MATIUS 16:27 & YOHANES 5:30.
    Dalam Matius 1, TERTULIS: “Malaikat berkata: ..Yesus akan melepaskan kaumnya dari segala dosanya”, TETAPI dalam Matius 16 “Yesus akan membalas tiap2 orang menurut perbuatannya”, dan dalam Yohanes 5 “Yesus menjadi pesuruh Tuhan dengan menjalankan hukum yang seadil2nya”. (bertentangan hukum).

    (21) 1 KORINTUS 7:19 VS KEJADIAN 17:14 & MATIUS 5:17-19.
    Dalam 1 Korintus, TERTULIS: “Paulus berkata: Sunat tidak sunat, itu tidak penting”, TETAPI dalam Kejadian (Taurat): “Tuhan berfirman: Laki-laki yang tidak disunat harus dilenyapkan karena telah mengingkari perjanjian antara Tuhan dan Abraham”, dan dalam Matius 5:17-19, “Yesus berkata bahwa kedatangannya bukanlah untuk menghilangkan hukum Taurat dan kitab2 para nabi meski sedikit pun”. (bertentangan hukum).

    (22) LUKAS 24:7,46; MATIUS 12:40 & MATIUS 27:63 VS KENYATAAN.
    Dalam Lukas 24, TERTULIS: “Yesus akan bangkit pada hari ke-3 sesudah hari kematiannya”, dalam Matius 12: “Yesus akan tinggal di rahim bumi selama 3 hari 3 malam” (sama dengan 72 jam), dan dalam Matius 27: “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku (Yesus) akan bangkit.”, TETAPI KENYATAANNYA: “Yesus bangkit pada hari ke-2”, ingat! Yesus mati pada hari Jumat sore (Lukas 23:54) tetapi mayatnya pada hari Minggu pagi sudah tidak ada (Lukas 24:1-3). Ini berarti Yesus tinggal di rahim bumi cuma 1 hari 2 malam saja atau sekitar 36 jam (separoh janjinya).

    (23) IBRANI 11:17 & KEJADIAN 22:2 VS KEJADIAN 16:15-16 & 21:5.
    Dalam Ibrani dan Kejadian 22, TERTULIS: “Abraham mengorbankan (qurban) Ishak, anaknya yang tunggal (padahal yang dimaksud ayat tersebut adalah ISMAEL, karena Ishak adalah adik Ismael lain ibu)”, TETAPI dalam Kejadian 16:15 “Abraham menamai anaknya yang dilahirkan Hagar itu Ismael”, dalam Kejadian 16:16 “bahwa Abraham berusia 86 tahun ketika anaknya, Ismael, lahir”, dan dalam Kejadian 21:5 “bahwa Abraham berusia 100 tahun ketika anaknya, Ishak, lahir”. Jadi, Ishak BUKANLAH anak tunggal Abraham melainkan adik Ismael!

    (24) MATIUS 26:1-2 VS MATIUS 27:46.
    Dalam Matius 26, TERTULIS: “kedatangan Yesus adalah untuk disalibkan”, TETAPI dalam Matius 27: “ketika disalib, Yesus berteriak minta tolong kepada Tuhan: Eli, eli, lama sabachtani!”. (bertentangan konsep).

    (25) GALATIA 3:13 VS YEHEZKIEL 18:20 & MARKUS 10:14.
    Dalam Galatia, TERTULIS: “Paulus Tarsus berkata: terkutuknya Yesus di kayu salib adalah untuk menebus dosa2 manusia”, TETAPI dalam Yehezkiel: “kebenaran/kejahatan manusia menjadi tanggung jawab masing2”, dan dalam Markus: “Yesus menyatakan bahwa kanak-kanaklah yang mempunyai kerajaan surga (berarti suci atau bebas dari dosa, sekaligus membantah adanya DOSA WARIS)”. (bertentangan konsep).

    (26) ULANGAN 14:3-21 & IMAMAT 11:1-47 VS MARKUS 7:14-20 VS MATIUS 5:17-19.
    Dalam Ulangan & Imamat (Taurat), TERTULIS: “Tuhan berfirman: Binatang2 laut tak bersirip/bersisik, daging babi, serta jenis2 burung dan mamalia tertentu adalah haram dimakan”, TETAPI dalam Markus: “Yesus menghalalkan semua makanan”, padahal dalam Matius: “Yesus datang bukan untuk menghilangkan hukum Taurat dan kitab2 para nabi meski sedikit pun”. (bertentangan hukum).

    (27) IMAMAT 10:8-11 & ULANGAN 29:6 VS MATIUS 15:11 VS MATIUS 5:17-19.
    Dalam Imamat & Ulangan, TERTULIS: “Tuhan berfirman: meminum anggur dan minuman keras (memabukkan) adalah haram”, TETAPI dalam Matius 15 “Yesus berkata: bukan yang masuk ke mulut yang menajiskan orang melainkan yang keluar dari mulut”, padahal dalam Matius 5: “Yesus berkata bahwa kedatangannya bukanlah untuk menghilangkan hukum Taurat dan kitab2 para nabi meski sedikit pun”. (bertentangan hukum).

    (28) MATIUS 3:17 & 12:18-21 VS YESAYA 42:1-16.
    Dalam Matius 3:17 & 12:18, Firman Tuhan TERTULIS: “Inilah anak-Ku yang Kukasihi, kepadanyalah Aku berkenan”. Menurut Kristen/Katolik, ayat ini menunjuk kepada Yesus. Padahal, ayat tersebut dikutip dari Yesaya 42:1 yang mengarah kepada keturunan Ismael. Periksa Yesaya 42:11, terdapat kalimat: “..demikian pun segala dusun yang diduduki ORANG KEDAR”. “Orang Kedar” adalah orang2 Arab keturunan Ismael (Kejadian 25:13,16), sedangkan Yesus adalah keturunan Ishak (Matius 1:2). Kemudian periksa Yesaya 42:12, terdapat kalimat: “..dan dikabarkannya KEPUJIANNYA pada segala pulau”. Kata “kepujiannya” lebih mengarah kepada Muhammad, karena Muhammad (bahasa Arab) artinya “yang terpuji”, dan beliaulah satu2nya keturunan Ismael yang menjadi nabi/rasul Allah.

    (29) MARKUS 13:31-32 VS KONSEP TUHAN.
    Dalam Markus 13:31-32, TERTULIS: “Tuhan Yesus tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat”, hal ini sangat bertentangan dengan konsep Tuhan yang MAHA MENGETAHUI segala sesuatu.

    (30) MATIUS 27:46 & MARKUS 15:34 VS KONSEP TUHAN.
    Dalam Matius 27:46, TERTULIS: “ketika disalib Tuhan Yesus berteriak: ‘Eli, Eli, lama sabakhtani?’ Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?”, teriakan Tuhan Yesus ini sangat bertentangan dengan konsep Tuhan yang MAHA KUASA lagi MAHA PERKASA. (Ini adalah salah satu indikasi paling kuat dari injil2 kanonik tentang bantahan penyaliban Yesus).

    (31) KEJADIAN 17:3 & MATIUS 26:39 VS PRAKTIK UMAT.
    Dalam Kejadian 17:3, tatacara Abraham mengahadap Allah TERTULIS: “Lalu SUJUDLAH Abram, dan Allah berfirman kepadanya”, dan dalam Matius 26:39, tatacara Yesus menghadap Allah (Bapa) TERTULIS: “Maka Ia (Yesus) maju sedikit, lalu SUJUD dan berdoa kata-Nya: “Ya Bapa-Ku,…”, TETAPI dalam PRAKTIK UMAT Kristen/Katolik, tatacara ibadah mereka TIDAK MENGENAL sujud. (bertentangan syariat).

    (32) LUKAS 3:23-38 VS MATIUS 1:18 (2).
    Dalam Lukas, silsilah Yesus TERTULIS: “Yesus adalah anak Yusuf,…(berarti darah daging Yusuf)”, TETAPI dalam Matius: “Maria mengandung Yesus sebelum bersetubuh dengan Yusuf (berarti Yesus bukan darah daging Yusuf)”. (bertentangan prinsip).

    (33) MATIUS 1:1-17 VS LUKAS 3:23-38.
    Dalam Matius, silsilah Yesus TERTULIS: “Yesus adalah anak Yusuf anak Yakub anak Matan anak Eleazar anak Eliud anak Akhim anak Zadok anak Azor anak Elyakim anak Abihud anak Zerubabel anak Sealtiel…”, TETAPI dalam Lukas: “Yesus adalah anak Yusuf anak Eli anak Matat anak Lewi anak Malhi anak Yanai anak Yusuf anak Matica anak Amos anak Nahum anak Hesli anak Nagai…”. (hampir semuanya berbeda nama orang).

    (34) MATIUS 1:1-17 & LUKAS 3:23-38 VS MATIUS 1:18.
    Dalam Matius dan Lukas, TERTULIS: “Inilah silsilah Yesus”, padahal yang dimaksud adalah silsilah Yusuf, karena berdasarkan Matius 1:18 bahwa “Maria sudah mengandung Yesus sebelum bersetubuh dengan Yusuf”. Dengan demikian, maka “SILSILAH YESUS” yang diuraikan dalam Matius 1:1-17 dan Lukas 3:23-38 adalah SALAH KAPRAH!

    (35) KISAH PARA RASUL 16:10 & 18:6 VS MATIUS 15:24 & 10:5-6.
    Dalam Kisah Para Rasul 16, TERTULIS: “Mereka berkata: …kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana (Makedonia)”, dan dalam Kisah Para Rasul 18 “Paulus berkata: …aku bersih, tidak bersalah. Mulai dari sekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain”, padahal dalam Matius 15:24 “Yesus berkata: Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel”, dan dalam Matius 10 “Yesus BERPESAN kepada 12 orang murid2nya untuk TIDAK BERDAKWAH ke negeri selain Bani Israel”. (bertentangan hukum dan prinsip).

    (36) KEJADIAN 12:10-20 VS KEJADIAN 20:1-17 VS KEJADIAN 26:6-11.
    Dalam Kejadian 12, TERTULIS Raja Fir’aunlah yang merampas Sarah dari tangan Abraham, TETAPI dalam Kejadian 20, Raja Abimelekhlah yang merampas Sarah, dan dalam Kejadian 26, Raja Abimelekhlah yang merampas Ribka dari tangan Ishak. (berbeda sumber penulis).

    (37) MATIUS 12:40 & YUNUS 2:1-11 VS KENYATAAN (HIDUP VS MATI).
    Dalam Matius 12:40 perkataan Yesus TERTULIS: “Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia (Yesus) akan tinggal di rahim bumi tiga hari tiga malam”, dan keterangan dalam Yunus 2:1-11 bahwa “Yunus tinggal di dalam perut ikan dalam keadaan HIDUP”, TETAPI KENYATAANNYA Yesus tinggal di rahim bumi cuma 1 hari 2 malam saja dan dalam keadaan MATI! (lihat butir 22 di atas).

    (38) MATIUS 10:10 VS MARKUS 6:8-10.
    Dalam Matius, perkataan Yesus TERTULIS: “Janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau TONGKAT…”, TETAPI dalam Markus: “Supaya jangan membawa apa2 dalam perjalanan mereka, KECUALI TONGKAT…” (bertentangan tentang “tongkat”).

    (39) MATIUS 2:1-15 VS LUKAS 2:6-46.
    Dalam Matius, kisah Yesus TERTULIS: “sesudah Yesus dilahirkan maka ia langsung dilarikan bersama ibunya oleh Yusuf ke Mesir sampai raja Herodes mati”, TETAPI dalam Lukas: “sesudah Yesus dilahirkan, ia dibawa ke Yerusalem, kemudian ke Nazaret dan tinggal di sana selama 12 tahun”. (bertentangan kisah).

    (40) LUKAS 24:21,29,36,51 VS KISAH PARA RASUL 1:3.
    Dalam Lukas, TERTULIS: “Yesus telah naik ke surga pada hari kebangkitannya atau pada malam sebelumnya”, TETAPI dalam Kisah Para Rasul: “Yesus naik ke surga sesudah 40 hari setelah kebangkitannya”. (bertentangan kisah).

    (41) YOHANES 10:8 VS SIFAT2 PARA NABI.
    Dalam Yohanes 10:8, perkataan Yesus TERTULIS: “Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka”. Pernyataan Yesus ini sangat bertentangan dengan sifat2 para nabi yang merupakan manusia pilihan Allah di muka bumi yang tidak mungkin berprofesi sebagai pencuri atau perampok. Ini sesuatu yang menggelikan.

    (42) MARKUS 11:11-14 VS KONSEP TUHAN.
    Dalam Markus 11, kisah Yesus TERTULIS: “Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania, Yesus merasa lapar. Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara. Maka kata-Nya kepada pohon itu: “Jangan lagi seorangpun makan buahmu selama-lamanya!” Dan murid-murid-Nyapun mendengarnya.” Kisah ini juga sangat menggelikan, mana mungkin Tuhan mengutuk pohon yang tidak bersalah gara2 tidak berbuah.

    (43) KELUARAN 20:4 VS PATUNG BUNDA MARIA & YESUS.
    Dalam Keluaran 20:4, Firman Tuhan TERTULIS: “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi”, TETAPI dalam kenyataannya di gereja2 sering dijumpai patung Bunda Maria dan atau Yesus, padahal dalam Matius 5:18 Yesus berkata: “…Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.” Mengapa Kristen merombak habis hukum Taurat?

    (44) LUKAS 16:16 VS MATIUS 5:19.
    Dalam Lukas 16:16, penulisnya berpendapat: “Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berbuat memasukinya”, TETAPI dalam Matius, Yesus berkata: “Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada yang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang paling tinggi di dalam Kerajaan Sorga.” (bertentangan prinsip dan hukum).

    (45) YOHANES 13:13 ALKITAB INDONESIA VS YOHANES 13:13 NEW AMERICAN BIBLE.
    Dalam Yohanes Alkitab Indonesia TERTULIS: “Kamu menyebut Aku GURU dan TUHAN, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan”, TETAPI dalam Yohanes New American Bible: “You call me ‘TEACHER’ and ‘MASTER’, and rightly so, for indeed I am.” (Pertentangan antara kata “TUHAN” VS “MASTER”, padahal sama2 bersumber dari Alkitab Yunani dan Romawi – “TUHAN” berarti mutlak satu, sedangkan “MASTER” berarti relatif banyak, antara lain: tuan, guru, yang mulia, sri paduka, direktur, pemimpin, kepala).

    (46). LUKAS 1:26-27 VS MATIUS 1:18 (3).
    Dalam Lukas, kisah pemberitahuan kehamilan Maria TERTULIS: “Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria”, TETAPI dalam Matius: “Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri”. (MALAIKAT VS ROH KUDUS/TUHAN – perhatikan kata “bertunangan”!).

    (47) MATIUS 1:20-25 VS LUKAS 1:28-35.
    Dalam Matius, sebelum kehamilan Maria, TERTULIS bahwa malaikat Tuhan bertemu dengan Yusuf (dalam mimpi) dan memerintahkan Yusuf memberi nama “Yesus” kepada anak yang akan dilahirkan Maria, TETAPI dalam Lukas, malaikat Tuhan bertemu dengan Maria dan memerintahkan Maria memberi nama “Yesus” kepada anak yang akan dilahirkannya. (bertentangan kisah).
    (48) LUKAS 24:42 TEKS KUNO (al. KJV) VS LUKAS 24:42 ALKITAB SEKARANG.
    Dalam Lukas teks kuno (al. KJV), TERTULIS: “Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng dan sarang madu sedikit”, TETAPI dalam Lukas Alkitab Sekarang, kalimat “dan sarang madu sedikit” ditiadakan!

    (49) KEJADIAN 37:36 VS KEJADIAN 39:1.
    Dalam Kejadian 37, TERTULIS orang Midian-lah yang membawa Yusuf ke Mesir dan menjualnya. TETAPI dalam Kejadian 39, orang Ismail-lah yang membawa Yusuf ke Mesir dan menjualnya. (berbeda penulis).

    (50) KELUARAN 20:11 VS ULANGAN 5:15.
    Dalam Keluaran, TERTULIS pengkudusan Hari Sabat berkaitan dengan penciptaan langit dan bumi, TETAPI dalam Ulangan, pengkudusan Hari Sabat berkaitan dengan perbudakan bangsa Israel di Mesir.

    (51) KEJADIAN 1:11-13 VS KEJADIAN 2:3-5.
    Dalam Kejadian 1:11-13, TERTULIS bumi sudah ditumbuhi tunas2 dan pepohonan (penciptaan hari ke-3), TETAPI dalam Kejadian 2, keadaan bumi masih belum ditumbuhi oleh apa pun (keadaan setelah hari ke-7).

    (52) MATIUS 28:19 TEKS KUNO VS MATIUS 28:19 ALKITAB SEKARANG.
    Dalam Matius teks kuno, sabda Yesus TERTULIS: “… baptislah mereka dalam nama-KU”, TETAPI dalam Alkitab Sekarang: “… baptislah mereka dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus”. (Distorsi ke arah Trinitas).

    (53) MATIUS 2:1-8 VS LUKAS 2:1-20.
    Dalam Matius TERTULIS, “Yesus dilahirkan pada zaman raja Herodes”, TETAPI dalam Lukas, “Yesus dilahirkan pada zaman Kaisar Agustus (sesudah zaman Herodes), yakni ketika diadakan sensus penduduk di Yudea”.
    (54) 2 SAMUEL 17:25 VS 1 TAWARIKH 2:17.
    Dalam 2 Samuel (al. KJV dan DRB) TERTULIS, “Yitra adalah seorang bangsa Israel”, TETAPI dalam 1 Tawarikh, “Yitra adalah seorang bangsa Ismail”.

    (55) 1 RAJA-RAJA 7:26 VS 2 TAWARIKH 4:5.
    Dalam 1 Raja-raja TERTULIS, “Sulaiman memiliki 2.000 kamar mandi”, TETAPI dalam 2 Tawarikh, “Sulaiman memiliki 3.000 kamar mandi”.

    (56) 2 TAWARIKH 9:25 VS 1 RAJA-RAJA 4:26.
    Dalam 2 Tawarikh TERTULIS, “Sulaiman memiliki 4.000 kandang kuda”, TETAPI dalam 1 Raja-raja, “Sulaiman memiliki 40.000 kandang kuda”.

    (57) 1 SAMUEL 28:6 VS 1 TAWARIKH 10:13-14.
    Dalam 1 Samuel TERTULIS, “Saul meminta petunjuk kepada Tuhan”, TETAPI dalam 1 Tawarikh, “Saul TIDAK meminta petunjuk kepada Tuhan”.

    (58) YOHANES 3:13 VS 2 RAJA-RAJA 2:11 & KEJADIAN 5:24.
    Dalam Yohanes TERTULIS, “tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga”, TETAPI dalam 2 Raja-raja, “Elia naik ke surga”, dan dalam Kejadian, “Henokh naik ke surga”.

    (59) YOHANES 18:9 VS YOHANES 17:12.
    Dalam Yohanes 18 TERTULIS, “Yesus tidak kehilangan seorangpun dari murid2nya”, TETAPI dalam Yohanes 17, “Yesus hanya kehilangan seorang”.

    (60) 2 TAWARIKH 6:36 VS 1 YOHANES 3:9.
    Dalam 2 Tawarikh TERTULIS, “semua berdosa”, TETAPI dalam 1 Yohanes, “setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi”.

    • 101 list yang dinyatakan kontradiksi sudah dijawab..

      gugling ajah mas..
      101 bible contradiction

      selamat mencari..

  6. kan saya bilang satu saja mas…biar bisa di bahas….katanya dari tulisan diatas ttg keTuhanan Yesus, anda menulis bahwa anda bingung..nah coba kita bahas mana yang anda bingung…kalau mengenai kontradiksi kita akan bahas sehabis ini..jadi jangan lari dari konteks masalah…..

    silahkan sebutkan ayat yang membuat anda bingung dari Tulisan saya diatas…

    • Mungkin pertanyaaan Islam sampai mati terlalu banyak?
      Kalo kamu masih tetap ingin berpedoman kepada kitab yang penuh kontradiksi seperti itu maka mau tidak mau kamu harus bisa menjawab 60 soal tersebut.

      tapi jika kamu hanya ingin kami bertanya satu persatu itu tidak masalah.

      nih silahkan jawab!

      apakah yang menjadi makanan bagi ular?

      a. ular makanannya adalah tikus nakal
      b. ular makanannya adalah debu tanah
      c. ular makanannya adalah bawang putih dan bawang merah

      http://meninggalkan.wordpress.com/2009/12/26/apakah-yang-menjadi-makanan-bagi-ular/

      • ok,mas LOL..

        saya tau arah pembicaraan anda…

        jadi bgini…
        banyak ayat yang menyatakan bahwa ular akan memakan debu, sudah jelas makna kata debu itu adalah manusia…

        anda sudah tau bahwa isi alkitab terdiri dari banyak kiasan dan perumpamaan

        sebagai contoh…

        Gen 3:17-19
        (17) Lalu firman-Nya kepada manusia itu: “Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
        (18 ) semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
        (19) dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.”

        jadi siapakah debu itu???

        dan siapakah ular itu???

        keduanya adalah makna kiasan dalam Alkitab

        ular adalah simbol iblis

        sedangkan debu adalah manusia…

        dan apakah pekerjaan iblis didunia, dialah yang selalu memperdaya manusia,…

        sebagai contoh ayat yang menggambarkan ular sebagai kiasan atau perumpamaan…

        * Ulangan 32:33
        LAI TB, Air anggur mereka adalah racun ular, dan bisa ular tedung yang keras ganas.

        * Yesaya 14:29
        LAI TB, Janganlah bersukaria, hai segenap Filistea, karena walaupun gada orang yang memukul engkau sudah patah, tetapi dari keturunan ular itu akan keluar ular beludak, dan anaknya akan menjadi ular naga terbang.

        * Matius 3:7
        LAI TB, Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: “Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang?

      • xavierifex itu jawabannya?
        ular apa yang biasa makan manusia yang sudah jadi debu?

        Ingat!
        Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang di antara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong.
        Terjemah QS. Ali Imran (3) : 91

        Kalo begitu jawab pertanyaan berikutnya:
        Waktu Adam makan buah larangan apa dia akan mati pada hari itu atau tidak?
        a. Tuhan melarang Adam memakan buah larangan, jika dilanggar maka Adam akan mati hari itu juga (Kejadian 2:17)
        b. Adam memakan buah larangan itu, dan tetap hidup selama 930 tahun (Kejadian 5: 5)

        saya tidak tahu apa xavierifex membaca komentarku ini atau sudah meninggal?

  7. hehehe… kadang saya kasian sama situ, tapi situ dikasihtau ngotot melulu, seolah2 saya ini mau menyesatkan situ, padahal tujuan saya diskusi untuk mengajak anda kembali ke jalan yang benar. Tapi semua terserah anda sih, toh hidup ini kan pilihan kita masing2, yang jelas saya hanya menjalankan perintah agama, yaitu menyampaikan kebenaran. Ingat! bukan memaksa tapi hanya menyampaikan! urusan situ mo ngikut apa engga bukan urusan saya. Karena hidayah dan petunjuk itu datangnya dari Allah.

    Okeh.. karena situ yang ngajak kita back to topic.

    yang saya mau tanya dari orang kristen adalah kenapa orang kristen selalu ngotot kalo yesus itu tuhan? padahal udah jelas kalo tuhan itu hanyalah Allah dan tidak ada tuhan selain Allah, dan yesus itu bukan Allah.

    sok jawab dulu lah😀

    • saya tidak pernah berpikiran bahwa anda menyesatkan sya…ini kan namanya diskusi…anda yang terlalu berprasangka buruk….yang saya tanyakan dari kontradiksi diatas..
      sebutkan satu saja dulu..agar kita bisa bahas…klo harus semuanya itu saya tidak yakin diskusinya akan lanjut…karena sekali jawab musti menjawab semuanya…kalo masalah kontradiksi islam juga banyak

      1) Salah Hitung Ini sering terjadi dalam Qur’an. Allahnya Islam rupanya tidak dapat melakukan kalkulasi yg sangat simpel

      1a) BERAPA HARI UTK MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI ?

      [Q 7.54, 10.3 & 11.7] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan [[langit dan bumi]] dalam enam masa

      Jadi menurut ayat2 diatas, Allah menciptakan bumi dan langit dalam 6 masa/hari. TAPI kemudian lihatlah dibawah ini !

      Q 41.9 Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa Q 41.10 Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. Q 41.12 Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa …

      Nah sekarang, hitunglah sendiri : 2 (bagi bumi) + 4(bagi kadar2 makanan) + 2 (bagi langit) = DELAPAN hari dan BUKAN ENAM !!!

      1c) HARI2 ALLAH : 1.000 atau 50.000 tahun ?

      Q 22.47 Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.

      Q 70.4 Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun.

      2) PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI
      Siapa yg duluan ? Menurut ayat2 dibawah ini, Allah mengatakan : Bumi terlebih dahulu, tapi juga mengatakan : Langit terlebih dahulu !

      Q 29.2 Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit.

      Lihat juga Q 79: 27 – 30 !

      Jadi benarkah menurut Quran, Bumi diciptakan sebelum alam semesta ? Itukah yg dibuktikan sains modern ? Apa pula yg dimaksud dgn ketujuh lapusan langit itu ? Menurut sains modern, tidak ada Atap diatas bumi kita. Hanya alam semesta tanpa batasan.

      3) LANGIT DAN BUMI DULUNYA DICIPTAKAN BERPADU?

      Q 21:30 Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya………

      4) MATAHARI TERBENAM DALAM LAUT BERLUMPUR HITAM!

      Q18. 86. Hingga apabila dia telah sampai ketempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut berlumpur hitam …

      5) BUMI TEMPAT PERISTIRAHATAN MATAHARI !?

      Q 36.38 dan matahari berjalan di tempat peredarannya.

      Q 36.40 Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

      Allah memang saintis hebat. Dimana letak matahari dan bulan ? Bagaimana mereka dapat saling mendahului ? Apakah mereka bertetangga ? ‘Allah’ dulu melihat dari bumi bahwa matahari dan bulan bergerak dari timur ke barat dlm langit yg sama, tanpa bertabrakan. Allah tidak tahu bahwa fenomena ini diakibatkan karena rotasi bumi dan BUKAN rotasi matahari. Bagi bumi, matahari tidak bergerak-gerak, karena bumi berada pada peredaran/gravitas matahari, spt kami (manusia) berada dlm peredaran/gravitas bumi. Allah tidak pernah mengatakan dalam QuranNya bahwa BUMI BERPUTAR PADA SUMBUNYA (ROTASI). Mungkin Allah tidak dapat merasakan rotasi bumi.

      6) Mengapa BINTANG-BINTANG Diciptakan ? Untuk menimpuk setan!

      Q 67:5 Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.

      Q 37:6-8 Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, yaitu bintang-bintang, dan telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap setan yang sangat durhaka, setan-setan itu tidak dapat mendengar-dengarkan (pembicaraan) para malaikat dan mereka dilempari dari segala penjuru

      Jadi bintang-bintang bukanlah apa-apa, selain alat pelempar setan supaya mereka tidak mengintip musyawarah di surga. Sekali lagi, makin mengada-ada saja Muhammad ini.

      7) BULAN BERCAHAYA SENDIRI?

      [10:5] Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

      Semua orang di dunia maju tahu bahwa bulan tidak punya cahaya sendiri.

      11) Mengapa Gunung-Gunung Diciptakan? Qur’an menjelaskan bahwa gunung-gunung ditempatkan di bumi supaya bumi tidak berguncang ketika gempa terjadi.

      Q 21:31 Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) guncang bersama mereka

      Q 16:15 Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak guncang bersama kamu

      Q 31:10 Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu

      Jelaslah bahwa Muhammad tidak tahu apa-apa tentang terjadinya gunung-gunung. Dia melihat gunung sangat besar dan berat, maka baiklah menjelaskan bahwa tujuan adanya gunung adalah untuk mencegah pergoncangan bumi.

      Pertama-tama, penjelasan seperti ini bertentangan langsung dengan ilmu geologi modern. Geologi membuktikan kepada kita bahwa gerakan tectonic plates atau gempa bumi itu sendirilah yang mengakibatkan terbentuknya gunung.

      Kedua, jika memang gunung diciptakan untuk menghentikan perguncangan bumi, mengapa ada berlusin-lusin gempa bumi tiap tahun?

      12) PERKEMBANGAN JANIN DARI GUMPALAN DARAH

      Qur’an menyatakan dengan jelas bahwa manusia dibentuk dari gumpalan darah.

      Q 23:14 Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci lah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.

      Ini bukanlah penjelasan ilmiah tentang pembentukan janin. Sel telur, yang juga sangat penting dalam pembentukan janin, sama sekali tidak dihiraukan. Begitu juga proses pembuahan sel telur oleh sperma untuk membentuk sel baru. Ayat ini hanya menyebut sperma, yang jelas-jelas kelihatan, yang umat manusia tahu diperlukan untuk membentuk manusia. Tetapi Qur’an tidak menyebut faktor yang tidak kelihatan, yi sel telur perempuan, yang hanya kita ketahui melalui kedokteran modern.

      13) SEGALA SESUATU DICIPTAKAN BERPASANGAN?

      Ayat berikut ini mengatakan Allah menciptakan segala sesuatu berpasangan. Contohnya: jenis kelamin tanaman dan binatang, siang dan malam, kekuatan yang menarik dan menolak, dsb.

      [51:49] Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah.

      Namun Muhammad yang bodoh tidak memperhatikan bahwa ada juga benda yang tidak berpasangan di dunia ini. Contohnya bakteri, fungi imperfeci (jamur) dsb, adalah anggota Monera Kingdom yang berkembangbiak secara a-seksual. Elodea Eropa adalah tanaman satu jenis kelamin saja, yang juga berkembang biak secara a-seksual. Cacing ternyata hewan hermafrodit (dgn dua jenis kelamin).

      Satu lagi contoh yang tidak berpasangan adalah grafitasi (gaya tarik bumi). Ini adalah tenaga yang menarik saja, tidak ada pasangannya. Tidak ada yang namanya gaya tolak bumi.

      14) QU’RAN DITURUNKAN LEWAT JIBRIL ATAU RUHUL QUDUS?

      Q 2:97 Katakanlah: Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Qur’an) ke dalam hatimu …….

      Q 16:102 Katakanlah: “Ruhul Qudus menurunkan Al Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar…”.

      15) QU’RAN = PEMBENARAN ATAU PENGGANTIAN terhadap ayat-ayat yang diturunkan sebelumnya?

      Q 2:97 Katakanlah: Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Qur’an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.

      Q 16:101 Dan apabila Kami letakkan suatu ayat di tempat ayat yang lain sebagai penggantinya padahal Allah lebih mengetahui apa yang diturunkan-Nya, mereka berkata: “Sesungguhnya kamu adalah orang yang mengada-adakan saja”…

      Tampaknya Muhammad tidak bisa menegaskan kehendaknya sendiri, mau menyenangkan hati penganut agama lain (Kristen/Yahudi) dengan mengatakan Qur’an membenarkan buku suci mereka, ataukan membanggakan diri mengatakan Qur’an menggantikan buku suci mereka ?

      16) ANAK NUH DISELAMATKAN ATAU TIDAK?

      Q 21:76 Dan (ingatlah kisah) Nuh, sebelum itu ketika dia berdoa, dan Kami memperkenankan doanya, lalu Kami selamatkan dia beserta keluarganya dari bencana yang besar.

      Tapi ayat berikut mengatakan anak Nuh mati tenggelam.

      Q 11:42 Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil: “Hai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang yang kafir.” Anaknya menjawab: “Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!” Nuh berkata: “Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang”. Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan

      17) FIRAUN DITENGGELAMKAN/MATI?

      Q 17:103: 103. Kemudian (Firaun) hendak mengusir mereka (Musa dan pengikut-pengikutnya) dari bumi (Mesir) itu, maka Kami tenggelamkan dia (Firaun), serta orang-orang yang bersama-sama dia seluruhnya,

      Q 28:40. Maka Kami hukumlah Firaun dan bala tentaranya, lalu Kami lemparkan mereka ke dalam laut. Maka lihatlah bagaimana akibat orang-orang yang lalim.

      Q 43:55. Maka tatkala mereka membuat Kami murka, Kami menghukum mereka lalu Kami tenggelamkan mereka semuanya (di laut),

      FIRAUN DISELAMATKAN:

      Q 10:90. Dan Kami memungkinkan Bani Israel melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Firaun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Firaun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: “Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israel, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”.

      Q 10:91. Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.

      Q 10:92. Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.

      18) ORANG KRISTEN MASUK SURGA ATAU NERAKA ?

      Q 2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

      Tapi di ayat lainnya, Muhammad menyangkal apa yang telah dikatakannya.

      Q 5:72 Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israel, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu” Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun.

      Q 3:85 Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

      PS: MARI KITA LIHAT KEMBALI Surat ALBAQARAH (2:62)

      Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin
      [56], siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah [57], hari kemudian dan
      beramal saleh [58], mereka akan menerima pahala dari TUHAN MEREKA, tidak ada
      kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

      Aneh bin ajaib! Al-qur’an mengakui bahwa ternyata ADA Tuhan umat Yahudi dan Tuhan-nya umat Kristen !!!!

      19) ANGGUR BAIK ATAU BURUK ?

      Di satu sura dikatakan anggur/arak adalah hasil buatan Setan.

      Q 5:90 Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar (arak), berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

      Tapi di ayat berikutnya dikatakan bahwa ada sungai-sungai dari arak di surga.

      Q 47:15 (Apakah) perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka, sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?

      Pertanyaan saya: bagaimana Setan sampai bisa memasukkan hasil kerjaannya di surga?

      20) Apakah Homoseksual Diizinkan Dalam Islam?

      Qur’an bertentangan dengan dirinya sendiri dalam topik ini. Ayat berikut mengatakan bahwa homoseksual dilarang.

      [4:16] Dan terhadap dua orang yang melakukan perbuatan keji di antara kamu, maka berilah hukuman kepada keduanya, kemudian jika keduanya bertobat dan memperbaiki diri, maka biarkanlah mereka. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

      [27:55] Mengapa kamu mendatangi laki-laki untuk (memenuhi) nafsu (mu), bukan (mendatangi) wanita? Sebenarnya kamu adalah kaum yang tidak mengetahui (akibat perbuatanmu)”.

      Namun ayat-ayat berikut ini jelas-jelas bertentangan dengan ayat-ayat di atas.

      [52:24] Dan berkeliling di sekitar mereka anak-anak muda untuk (melayani) mereka, seakan-akan mereka itu mutiara yang tersimpan.

      [56:17] Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda,

      [76:19] Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan.

      21) Zinah boleh atau tidak?

      Q 17:32 = berisi ttg berzina itu dilarang Q 24:2 = berisi ttg berzina itu didera 100 kali Q 24:3 = berisi ttg berzina itu diharamkan Q 23:5,6 = berisi ttg berzinah tdk tercela (Zinah dgn kepemilikan tangan kanan alias budak dan tahanan perang = OK) Q 70:29,30 = berisi ttg berzinah tdk tercela (Zinah dgn budak = OK)

      22) ALLAH TIDAK BISA PUNYA ANAK:

      Q 6:100. Dan mereka (orang-orang musyrik) menjadikan jin itu sekutu bagi Allah, padahal Allah-lah yang menciptakan jin-jin itu, dan mereka membohong (dengan mengatakan): “Bahwasanya Allah mempunyai anak laki-laki dan perempuan”, tanpa (berdasar) ilmu pengetahuan. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari sifat-sifat yang mereka berikan.

      Q 6:101. Dia Pencipta langit dan bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai istri. Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu.

      ALLAH BISA PUNYA ANAK:

      Q 39:4. Kalau sekiranya Allah hendak mengambil anak, tentu Dia akan memilih apa yang dikehendaki-Nya di antara ciptaan-ciptaan yang telah diciptakan-Nya. Maha Suci Allah. Dia-lah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan.

      • dan sekali lagi mas islam sampai mati..harap anda fokus dengan masalah awal…anda mempertanyakan apakah Yesus Tuhan atau bukan..setelah saya sampaikan semua ayat2 yang mendukung itu…anda bukannya menjawab malah lari lagi ke masalah kontradiksi Alkitab, harap fokus..dan jawab dari jawaban saya sebelumnya ttg keilahian Yesus…kalau anda berkata bahwa Yesus bukan Tuhan maka seharusnya anda bisa menjawab balik atas jawaban saya yang berisi ttg ke Tuhanan Yesus…harap fokus…kalau kemudian anda ingin mengganti topiknya lagi untuk membahas kontradiksi alkitab, silahkan..tapi tolong jangan dicampur…terima kasih..

  8. Blognya bagus. Diskusinya menarik.
    Blog ini saya link untuk menyimak lagi selanjutnya.
    Trims.

    • silahkan mas Ariefmas.
      salam.

  9. Sialan tuh si xavierifex2, katanya mau ngajak fokus tapi malah dia sendiri yang bahas macem2.

    InsayaAllah ntar saya jawab, skrng banyk kerjaan!

    • dya bukannya bahas yg macem2…. dya hanya menunjukan kekontradisian islam juga ada… dengan tujuan supaya anda fokus pada petanyaan anda(islam sampai mati)… bukan untuk anda jawab….

      hmm… tetapi ada baiknya juga sih dijawab….

  10. @penulis,
    saya mengajukan 3 pertanyaan:

    1. Bisa diperjelas siapa ketiga oknumnya?
    “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga (dalam trinitas)”

    2. apa persepsi Islam tentang Trinitas?

    3. Apakah Trinitas yang diajarkan Kristes ?

    mohon dijawab.
    Salam

    • Parhobas, apakah anda menyaksikan bahwa ada tuhan-tuhan yang lain di samping Allah? Saya tidak menyaksikan. Sesungguhnya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.

      Coba kamu cari orang yang mengatakan bahwa Allah adalah salah satu dari yang tiga dalam trinitas. Jika kamu bertemu mereka, maka tanyakanlah kepada mereka: “apakah kalian menyaksikan bahwa ada tuhan-tuhan yang lain di samping Allah?” katakanlah olehmu: “saya tidak menyaksikan; Sesungguhnya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan”.

      Tentang oknum-oknumnya kamu juga bisa menanyakannya pada mereka.

      Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan.

      • @Adam

        saya bertanya dengan jelas:


        1. Bisa diperjelas siapa ketiga oknumnya?
        “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga (dalam trinitas)”

        tak lain karena artikel anda menuliskan begini:

        “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga (dalam trinitas)”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.

        Nah kalau Anda tidak menjelaskan 3 oknum itu, bagaimana Anda bisa melirik Kekristenan?…


        2. apa persepsi Islam tentang Trinitas?

        sesuai artikel Anda di atas, Anda juga menekankan di dalam kurung..
        …Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga (dalam trinitas)…
        artinya Anda punya makna atas trinitas…
        saya bertanya apa itu???

        bisa jawab apa tidak?


        3. Apakah Trinitas yang diajarkan Kristen ?

        NAh karena Anda sudah melirik kekristenan dan membandingkan dengan apa yang dibenak Anda sesuai di dalam kurung itu, maka saya bertanya apa arti trinitas di dalam ajaran Kristen???

        Anda tahu atau anda cuman berasumsi??

        malah Anda berkata:

        Coba kamu cari orang yang mengatakan bahwa Allah adalah salah satu dari yang tiga dalam trinitas. Jika kamu bertemu mereka, maka tanyakanlah kepada mereka: “apakah kalian menyaksikan bahwa ada tuhan-tuhan yang lain di samping Allah?” katakanlah olehmu: “saya tidak menyaksikan; Sesungguhnya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan”.

        justru yang mengatakan itu adalah seorang yang Anda kutip perkataannya… tentu saya tidak dapat bertanya kepada ‘sosok’ yang mengucapkan itu, mungkin sudah mati 1400 tahun lalu, saya juga tidak tahu…tetapi Anda percaya sama ‘sosok’ itu maka Anda mengutipnya di sini,.. jadi Andalah sumber jawabannya.. sekarang jawablah pertanyaan saya di atas..

        bisa?

      • 1 Saya tidak tahu, karena menurutku tuhan itu tidak ada kecuali Allah.

        Anda sendiri mengetahui nama-nama mereka yang mereka sembah selain Allah? jika tidak, Mungkin orang lain tahu, coba tanyakan saja sama mereka.

        Dan dalam hal ini, saya hanya percaya saja bahwa dahulu orang-orang yang beranggapan bahwa Allah adalah salah satu dari yang tiga dalam trinitas itu memang ada.

      • 2. Trinitas itu adalah ajaran yang Jika mereka tidak berhenti, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.

        3. apa trinitas yang diajarkan kristen?
        orang kristen lebih tahu. saya bukan golongan dari mereka. Tanyakan saja sama mereka.

        saya sudah menduga bahwa orang-orang seperti mereka itu memang ada coba:

        https://putramaryam.wordpress.com/2010/01/28/tidak-ada-tuhan-selain-allah/

      • Sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang mereka seru selain Allah. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

  11. @Adam
    jawaban Anda yang bertel-tele itu sedikit menjelaskan bahwa Anda telah menjelaskan sesuatu yang tidak memiliki dasar yang kuat.

    • nama saya bukan Adam.

      لَّقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ ۘ وَمَا مِنْ إِلَـٰهٍ إِلَّا إِلَـٰهٌ وَاحِدٌ ۚ وَإِن لَّمْ يَنتَهُوا عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

      Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga (dalam trinitas)”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.
      QS. al-Mai’dah (5) : 73

      apa menurutmu paham trinitas itu ada? jika ada berarti ayat itu benar. Dan Allah mengetahui apa saja yang mereka seru selain Allah.

      • yah nick Anda ada Adamnya… tetapi kalau Anda keberatan ya tidak apa2..

        so saudara tercinta…

        kesimpulan Anda itu agak aneh…

        apa menurutmu paham trinitas itu ada? jika ada berarti ayat itu benar. Dan Allah mengetahui apa saja yang mereka seru selain Allah.

        Anda telah menghubung2kan trinitas di Quran Anda dengan trinitas Kristiani…. so Anda seharunya mempunyai persepsi apa itu trinitas yang dimaksudkan oleh Quran Anda. Karena gini mas, jangan2 memang trinitas yang ada dikepala Anda dan di kepala saya sama sekali berbeda, tetapi Anda berusaha menghubung2kannya….

        dan saya yakin itu tidak sama, lalu apakah bisa disimpulkan bahwa ayat di atas hanyalah angan2?

        jadi cepatlah jawab… siapa Yang TIGA itu?

      • bagi saya, tidak penting mengetahui siapa saja nama-nama yang mereka sebutkan itu. yang penting saya tidak mengikuti ucapan mereka. mereka itu berkata dusta, begitu juga dengan kamu.

      • @anak Adam….

        kata Anda tidak penting, tetapi koq menjadi senjata untuk menyebrang ke trinitas kristen?…

        kalau Anda menuduh saya pendusta, bagaimana dengan Anda, tidak tahu konsep trinitas kristiani, tetapi malah menyalahkan konsep itu tanpa dasar….

        aneh sekali dan bertele-tele Anda ini kawan…. maccam mananya hehehhe

      • dan kamu sendiri tidak berani menjawab siapa tuhan yang kamu seru selain Allah.

        orang-orang yang mempersekutukan Allah jika meninggal, maka mereka akan ditanya tentang dimanakah sekutu-sekutu yang mereka panggil selain Allah. kemudian mereka akan kekal didalam neraka. seperti yang dikatakan putra Maryam yang Allah kabarkan dalam Quran
        لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۖ وَقَالَ الْمَسِيحُ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ ۖ إِنَّهُ مَن يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ ۖ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ
        artinya
        Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam”, padahal Al Masih berkata: “Wahai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu”. Sesungguhnya siapa yang mempersekutukan dengan Allah, maka sungguh Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, dan tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.
        QS. al-Mai’dah (5) : 72

        dari keterangan tersebut jelaslah. bahwa Allah telah mengharamkan surga untuk mereka karena telah mempersekutukan Allah.

        Parhobas, dengarkan aku.

        beribadahlah kamu kepada Allah, tidak ada tuhan bagimu selain-Nya. sesungguhnya saya khawatir jika kamu ditimpa azab di hari yang besar. Dan beristighfarlah kepada Allah sesungguhnya Dia maha pemaaf.

        لَّقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ ۘ وَمَا مِنْ إِلَـٰهٍ إِلَّا إِلَـٰهٌ وَاحِدٌ ۚ وَإِن لَّمْ يَنتَهُوا عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
        artinya
        Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.
        QS. al-Mai’dah (5) : 73

        أَفَلَا يَتُوبُونَ إِلَى اللَّهِ وَيَسْتَغْفِرُونَهُ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
        artinya
        Maka mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
        QS. al-Mai’dah (5) : 7

      • Anak Adam;
        Saya sudah mengenal dan menyembah ALLAH,….

        ALLAH yang saya sembah itu sungguh LUAR biasa….

        ALLAH saya sungguh Pemberani, IA Adil dan Jujur terhadap FirmanNYA SENDIRI..

        KASIHILAH kata TUHANKU,
        dan IA tidak hanya asal ngomong, tetapi TUHAN-ku membuktikan bahwa IA juga berlimpah KASIH.. IA mau dan rela berinkarnasi menjadi manusia…

        YESUS… namaNYA… ruaarrr biasa….
        saya mau ke nerakanya allahmu, asal ada YESUS di sana…

        dan Anda akan ke nerakanya TUHAN YESUS…. semoga tidak… karena IA Pangasih dan Penyayang,, yang penting adalah Anda percaya kepada bukti Kasih yang telah Ia berikan….

        salam saudara Adam,.. saya kira ini terakhir (semoga) saya mengunjungi blog Anda, karena Anda sepertinya hanya berucap tanpa berpikir…. hanya meneruskan tanpa mengolah…

        bye…

      • Parhobas, bekerjalah di tempatmu saya pun bekerja. dan tunggulah, saya juga menunggu bersamamu.

      • Parhobas jika dipaksakan saya jawab saya takut kamu dipermalukan oleh semua orang. mengapa? karena paham trinitas yang ada di benak anda itu sama sekali tidak ada dasarnya dalam kitab kalian.

        Kalo kamu memaksakan bahwa trinitas adalah Allah, Putra Maryam dan Roh, maka saya akan bertanya mana dalilnya dalam bible kalian? Dan jika kamu jawab trinitas itu adalah Allah, putra Maryam dan ibunya maka saya pun akan bertanya dalilnya.

        tentu yang harus punya dalil itu kalian. kan kalian selama ini menyembah mereka.

        Parhobas, kamu bisa kabur dari blog putramaryam miliku, tapi kamu tidak bisa kabur dari Allah yang menciptakan kita

  12. bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang trinitas …

    lihatlah di sini …

    youtube.com/view_play_list?p=E1553875A809D733&playnext=1&playnext_from=PL&v=Ri9pm0vtm3A&rclk=pt0

    youtube.com/view_play_list?p=E1553875A809D733&playnext=1&playnext_from=PL&v=I2-Cmb7-Mn0&rclk=pt1

    youtube.com/view_play_list?p=E1553875A809D733&playnext=1&playnext_from=PL&v=xCX22rLElT0&rclk=pt2

    tetapi di depan link link tersebut harap ditambahkan http://www. supaya bisa nyambung…

    • penjelasannya bagus saya akan segera menampilkannya.

      • terima kasih atas atensinya

  13. Penentang Menara masjid Itu Akhirnya Masuk Islam
    Minggu, 07 Februari 2010Daniel Streich disebut-sebut sebagai politisi Swiss yang tobat setelah menentang pendirian menara, padahal ia telah memeluk Islam sejak 2 tahun lalu Nama Daniel Streich dalam satu pekan terakhir banyak disebut sebagai politisi terkemuka Swiss yang anti-Islam dari Partai Rakyat Swiss (SVP), yang mengusulkan larangan pembangunan http://yoannsahar.blogspot.com/2010/02/penentang-menara-masjid-itu-akhirnya.html

    • Maha Suci Allah; Tuhan kami. Dan segala puji bagi-Nya.

      Dia-lah Tuhanku. Kepada-Nya saya bertawakal dan kepada-Nya saya bertobat.

  14. parhobass Said :

    “KASIHILAH kata TUHANKU,
    dan IA tidak hanya asal ngomong, tetapi TUHAN-ku membuktikan bahwa IA juga berlimpah KASIH.. IA mau dan rela berinkarnasi menjadi manusia…

    YESUS… namaNYA… ruaarrr biasa….
    saya mau ke nerakanya allahmu, asal ada YESUS di sana…”

    >> Lagi2 satu orang kristen yang masuk dalam kategori BODOH (menurut bible)

    Roma1:
    22 Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi BODOH.
    23 Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana . . .

    Maka teruslah berimajinasi bung Parhobass, dan tetaplah menjadi si BODOH kalo memang predikat itu yang akan membawa anda kepada kebenaran.

    • Islam sampai mati, apakabar? Informasi bagus, sayang parhobas sedang marah, biar saya sampaikan ke blog miliknya jika bisa, soalnya komentarku selalu jadi komentar spam di sana

  15. btw.. saya masih punya hutang nih sama si xavierifex2 , pertanyaan dia blm saya jawab.
    Orangnye masih sering kemari gak ye?

    • mudah2an bisa dijawab….

  16. kenapa harus meributkan tigadari empat sih, dibolak-balik juga nggak bakalan jelas juntrungannya, pasti serba salah aja deh,
    – ada tuhan Bapa.
    – ada roh kudus.
    – ada anak bapa / tuhan anak.
    – ada ibunya tuhan / tuhan ibu.

    * kalau komposisinya bapa,roh,anak, maka ibu tersisihkan, padahal mereka para pendukung kesetaraan gender, tentunya komposisi ini akan menjadikan anak tuhan dan para pengikutnya durhaka dikarenakan mengabaikan tuhan ibu.
    * kalau komposisinya bapa,anak,ibu, pasti juga ngga akan mau, karena pada dasarnya hati mereka ada kekurang sreg an kalau perempuan di sejajarkan, dan juga roh kudus jadi tersisihkan.
    * kalau komposisinya bapa,roh,ibu dan anak jadi ngga tiga lagi, tapi sebetulnya kan salib ujungnya ada empat sih, cuma satu jadi dibawah banget.
    * kalau disatukan aku adalah bapa adalah roh adalah ibu maka ngga mengena karena sang ibu mempunyai orangtua manusia biasa saja serta jelas keturunannya.

    -Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
    Yoh 1:14 Firman itu telah menjadi manusia,…

    * disini perbedaan arti firman (kecuali kalau seseorang yang bernama firman mungkin sama), disini firman diartikan sebagai ilmu Allah semata,dari ilmu Allah menjadi manusia (istilahnya mungkin dengan kun).
    * nah kalau dengan istilah firman sebagai ilmu memang benar, alam semesta juga tercipta dari ilmu Allah, berawal dari firman (dari ilmu Allah), jadilah segala sesuatu termasuk manusia,tapi jadi lebih rancu lagi, semua yang jadi/tercipta karena ilmu Allah akan menjadi tuhan, semua manusia tanpa terkecuali.

  17. Kajian Kristologi : Ramai orang2 Kristian dahulu yang menolak Trinity
    oleh Ahmad Nizam
    Assalaamu’alaikum w.b.t….. dan selamat sejahtera. Terlebih dahulu saya mahu menerangkan tentang apa itu jalan yang lurus? Jalan yang lurus dan benar adalah jalan yang dibawa oleh para nabi sejak dari zaman Nabi Adam lagi. Jalan yang lurus itu mengajak manusia supaya beriman kepada Allah S.w.t dengan sebenar2nya dan mengEsakanNya. Dan begitu banyak sekali usaha2 untuk menyelewengkan jalan yang lurus itu kerana manusia dihasut oleh iblis dan syaitan. Iblis dan kuncu2nya telah mengisytiharkan perang kepada anak Adam sehingga ke Hari Kiamat. Maka mereka sedaya upaya akan cuba menyesatkan anak Adam dari menjadi hamba Allah yang sebenarnya.

    Maka di sini saya ingin menumpukan kepada usaha penyelewengan jalan yang LURUS ini oleh kaum Bani Israel yang menjadi umat nabi Isa a.s / Yesus. Jalan yang asalnya menyuruh menyembah ALlah, Tuhan yang Esa, tetapi telah dicampur adukkan dan di sesatkan dengan menambah agar menyembah dan mengangkat Yesus sebagai Tuhan. Dan akhirnya mewujudkan satu konsep keTuhanan yang baru iaitu Trinity (3 dalam 1).

    Sebenarnya, ramai di kalangan Kristian peringkat awal dulu sendiri pun tidak bersetuju dan menentang konsep Trinity ini. Kumpulan2 seperti Ebonites, Corinthians, Basilidians, Capocratians, dan Hypisistarians tidak tahu-menahu pun tentang konsep Trinity ini. Manakala Arians, Paulicians dan Goths menerima Yesus sebagai seorang rasul sahaja dan menentang Trinity.

    Dan bukan kumpulan2 itu dan Islam sahaja yang tidak bersetuju dengan Trinity, malah Yahudi juga amat tidak bersetuju dengan Trinity. CUma sayangnya, Yahudi terlalu angkuh dan hanya menganggap kaum mereka sahaja yang mulia dan tidak menerima kerasulan Nabi Muhammad S.a.w hanya kerana Nabi Muhammad S.a.w bukan keturunan Bani Israel. Mereka tidak menerima hakikat tersebut kerana bagi mereka, rasul mestilah hanya dari keturunan Israel kerana semua rasul terkemudian sebelum itu berketurunan dari Israel / Nabi Yaakob.

    Dan jangan terkejut, pada zaman moden ini pun ada gereja2 di Asia, Afrika, gereja Unitarian, Jehovah’s witnesses dan majoriti paderi2 Anglikan juga dilaporkan tidak menerima konsep Trinity, tidak menyembah Yesus dan masih mengekalkan keEsaan Allah S.w.t. Dan Johannes Greber (1874), bekas paderi Roman Katolik dalam bukunya yang bertajuk, ’The Communication with the Spirit World of God’ dalam muka surat 31 mengatakan , ”As you see, the doctrine of a triune Godhead is not only contrary to common sense, but is entirely unsupported by the Scriptures”. Dia juga mengatakan bahawa idea Trinity itu langsung tidak mendapat sokongan dari kitab Bible sendiri.

    Dan yang pasti lagi, umat Kristian awal dulu iaitu pada abad ke 2 mengalami pertelingkahan dan selisih faham mengenai siapa Yesus yang sebenarnya dan adakah dia betul2 mati di tiang salib? Saya tegaskan sekali lagi, perselisihan faham tentang Yesus di salib itu adalah di kalangan orang2 Kristian sendiri bukannya orang2 Islam atau orang2 agama lain. Kerana apa? Kerana TIADA BUKTI yang kukuh yang boleh menyatakan bahawa Yesus telah mati di tiang salib. Ini lah yang harus difikirkan kembali oleh orang2 Kristian sekarang dan sebaiknya tidak hanya mengikut secara membuta tuli ajaran pihak gereja.

    Beberapa manuskrip dari kitab Wahyu dalam Perjanjian Baru telah di BAN. Untuk mengetahui secara lanjut tentang usaha BAN itu, sila ikuti History Channel di bawah tajuk Banned from the Bible. Mengapa ia di Ban? Sedangkan mengikut kepercayaan Kristian, kitab Wahyu adalah kandungan wahyu dari Tuhan kepada Petrus? Dan mengikut kajian sejarah itu, bahagian yang di BAN itu mengatakan bahawa Yesus tidak disalib. Dan ini menguatkan hujjah dari Islam yang mana rancangan History Channel itu memberikan bukti2 dari beberapa cabang Kristian sendiri.

    Usaha MengeBAN itu mula dilakukan dalam persidangan2 gereja yang mana telah dimulakan oleh Raja Konstantin iaitu raja Rome pertama yang menganut Kristian. Berikut disenaraikan tentang 7 persidangan gereja yang pertama;

    Tempoh daripada Persidangan Nicea Pertama (325) hingga Persidangan Nicea Kedua (787) dinamakan sebagai tempoh Tujuh Persidangan Gereja.

    1. Persidangan Nicea Pertama (325); tidak mengakui Arianisme dan Quartodecimanisme, menerima pakai Pengakuan Iman Nicea yang asal. Persidangan ini dan semua persidangan berikutnya tidak diiktiraf oleh gereja-gereja bukan triniti—Arianisme, Unitari, Mormon, dan Jehovah’s Witnesses. Hasil dari persidangan ini maka lahirlah Pengakuan Iman Nicea atau Nicene Creed .

    Dalam persidangan ini hal utama yang dibincangkan adalah ajaran seorang pemimpin gereja dari Iskandariah, Mesir, bernama Arius yang mengajarkan bahawa Yesus bukannya Tuhan, tetapi adalah makhlukNya. Menurut Arius, Yesus adalah pesuruh Tuhan yang penting tetapi juga manusia seperti yang lain. Persidangan Nicea telah menolak ajaran Arius dan menganggapnya sebagai terseleweng dari ajaran Kristian yang benar. Para pemimpin gereja yang hadir dalam persidangan tersebut menegaskan kebenaran kitab Alkitab bahawa Yesus adalah Tuhan, sehakikat dengan Yahweh Bapa.

    2. Persidangan Constantinople Pertama (381); menyemak kembali Pengakuan Iman Nicea kepada bentuk yang digunakan sekarang di gereja-gereja Timur dan Ortodoks Orient dan melarang sebarang pindaan lanjut Pengakuan Iman tersebut tanpa persetujuan persidangan gereja.

    3. Persidangan Ephesus Pertama (431); tidak mengakui Nestorianisme, mengisytiharkan Maryam Perawan sebagai Theotokos(bahasa Yunani Η Θεοτόκος, “Pembawa Tuhan” atau lebih umum lagi “Ibu Tuhan”).

    4. Catatan: Lihat Persidangan Gereja Keempat untuk mengetahui perbezaan dalam membuat penomboran bagi persidangan ini dan persidangan berikutnya.

    Persidangan Ephesus Kedua (449); menolak Nestorianisme. Pope Dioscorus mendapati Eutyches menjadi penganut Ortodoks. Dioscorus, bagaimana pun, mengisytiharkan kutukan terhadap Eutyches tidak lama selepas Persidangan Chalcedon. Persidangan ini tidak diiktiraf oleh golongan Chalcedon (golongan Katolik dan Ortodoks Byzantine).

    Persidangan Chalcedon (451); tidak mengakui doktrin monophysitisme ajaran Eutyches yang menggambarkan dan menggariskan dua zat al-Masihsebagai manusia dan tuhan; menerima pakai Pengakuan Iman Chalcedon. Bagi mereka yang menerimanya, ia adalah Persidangan Gereja Keempat (menamakan persidangan sebelumnya yang ditolak oleh persidangan ini sebagai “Synod Perompak”). Persidangan ini dan semua persidangan berikutnya tidak diiktiraf oleh Kommunion Ortodoks Orient. Persidangan ini tidak diterima oleh golongan Katolik sehinggalah Persidangan Lyon Kedua (1274).

    5. Persidangan Constantinople Kedua (553); mengesahkan keputusan-keputusan dan doktrin-doktrin yang dihuraikan oleh persidangan-persidangan sebelumnya, mengutuk tulisan-tulisan pengikut baru Arius, Nestor dan Monofisit, mendekrikan Theopaschite Formula.

    6. Persidangan Constantinople Ketiga (680–681; tidak mengakui Monothelitisme,mengesahkan bahawa al-Masih mempunyai kehendak kemanusiaan dan ketuhanan.

    Persidangan Quinisext (= Kelima dan Keenam) atau Persidangan di Trullo (692); lebih kepada persidangan pentadbiran yang mengangkat beberapa hukum gereja tempatan ke status gereja, menubuhkan prinsip-prinsip disiplin pendeta, dan menumpukan kanun Bible. Ia tidak dianggap sebagai satu persidangan dapat berdiri penuh di atas haknya sendiri kerana ia tidak memutuskan permasalahan doktrin. Persidangan ini diterima oleh Gereja Ortodoks Timur sebagai sebahagian daripada Persidangan Constantinople Ketiga, tetapi ditolak oleh golongan Katolik Rom.

    7. Persidangan Nicea Kedua (787); pengembalian penghormatan terhadap ikon dan penamat ikonoklasme. Ia ditolak oleh beberapa mazhab Protestan yang sebaliknya lebih mengutamakan Persidangan Hieria (754) yang juga menggambarkan dirinya sebagai Persidangan Gereja Ketujuh dan telah mengutuk penghormatan terhadap ikon.

    Daripada persidangan2 di atas, dapat kita simpulkan bahawa Raja Konstantin merupakan antara orang yang bertanggung jawab dalam mengangkat Yesus sebagai Tuhan, sesuai dengan ajaran dari Paulus. Pada asalnya tiap2 gereja dalam Kristian mempunyai doktrin dan kitab yang berlainan, tetapi mula disatukan oleh Konstantin melalui persidangan2 yang tersebut di atas.

    Di bawah ini adalah terjemahan dari Pengakuan Iman Nicea;

    Kami percaya kepada Yahweh, Bapa yang Maha Kuasa,
    Pencipta langit dan bumi serta segala sesuatu yang ada di dalamnya
    Dan kepada satu Tuhan Yesus Kristus, Anak tunggal Yahweh,
    dilahirkan dari Bapa sebelum segala ciptaan; Cahaya dari cahaya
    Tuhan sejati; dilahir, bukan dicipta, sehakikat dengan Bapa
    dan daripadaNya segala sesuatu diciptakan.
    Untuk kita dan keselamatan kita, Dia turun dari syurga,
    menjelma semula dengan kuasa Roh Kudus
    dilahirkan menerusi Sang Dara Maria dan menjadi manusia
    Kerana kita Dia disalibkan oleh Pontius Pilatus
    menderita dan dikuburkan
    Dan menurut Alkitab bangkit semula pada hari ketiga
    Dan naik ke syurga dan kini duduk di sebelah kanan Yahweh Bapa
    Dia akan kembali dalam kemuliaan, untuk menghakimi yang hidup dan yang mati
    dan kerajaanNya akan kekal selama-selamanya:
    Kami percaya kepada Roh Kudus, Tuhan dan Sumber Kehidupan
    yang timbul dari Yahweh Bapa
    Bersama Yahweh Bapa dan Anak, disembah dan dimuliakan.
    Dia telah bersabda menerusi Rasul-rasulNya
    Kami percaya kepada gereja yang kudus, esa dan am
    Kami percaya kepada baptisan sebagai tanda penebusan dosa,
    Kami menantikan hari di mana yang mati akan bangkit semula
    dan kehidupan yang kekal sesudahnya.
    Amin.

    Maka telah jelas kepada kita betapa iman Kristian berkenaan Yesus itu Tuhan dan konsep Trinity adalah suatu penyelewengan yang berlaku di zaman pemerintahan Konstantin. Dan penyelewengan2 tersebut berlaku di atas dasar ajaran dari Paulus. Maka saya menyeru kepada kaum Kristian yang membaca tulisan ini, agar kembali lah ke pangkal jalan. Jangan lah mengatakan Yesus itu anak Tuhan atau salah satu dari Tuhan atau Tuhan 3 dalam 1. Kerana Yesus hanya lah seorang Rasul / Utusan dari Allah seperti mana juga rasul2 lain. Dan akui lah kerasulan Nabi Muhammad S.a.w serta terima lah ajarannya. Dan sesungguhnya Allah itu Maha Esa. Wallahu a’lam 🙂

    Rujukan :

    1 – Wikipedia

    2 – History Channel

    3 – http://answering-christianity.com
    http://hikmatun.wordpress.com/2008/09/03/kajian-kristologi-ramai-orang2-kristian-dahulu-yang-menolak-trinity/

  18. You made some good points there. I did a search on the topic and hardly found any specific details on other sites, but then great to be here, seriously, thanks…

    – Josh

  19. Memahami ketritunggalan sama halnya dengan memahami hakekat Allah itu sendiri. Mustahil kita percaya kepada Allah tanpa memahami hakekat-Nya yang meskipun tidak terbatas tetapi berkenan memberikan penyataan tentang diri-Nya di dalam Alkitab sesuai dengan kemampuan akal kita yang terbatas.

    Meskipun kata ‘TRINITAS’ tidak ada dalam Alkitab, tetapi para bapa Gereja mula-mula merumuskannya dengan dasar Alkitabiah :

    Contoh ayat yang menjadi dasar Paham Trinitas :

    * Matius 28:19
    LAI TB, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam ‘nama’ (‘ONOMA’) Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
    KJV, Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:
    NIV, Therefore go and make disciples of all nations, baptizing them in the name of the Father and of the Son and of the Holy Spirit,

    Bapa dan Anak dan Roh Kudus, oleh kalangan non kristiani dipandang seolah-olah 3 person atau bahkan politeisme (3 allah).
    Tetapi di dalam Alkitab bahasa asli ditulis dengan ‘ONOMA’ bentuk tunggal, bukan dengan ‘ONOMATA’ bentuk jamak.

    Text bahasa aslinya adalah demikian :

    Textus Receptus (TR) : πορευθεντες ουν μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
    Translit interlinear, poreuthentes {pergilah} oun {karena itu} mathêteusate {jadikanlah murid (-Ku)} panta {semua} ta ethnê {bangsa-bangsa} baptizontes {kalian baptiskanlah} autous {mereka} eis {di dalam} to onoma {nama, noun – accusative singular neuter} tou patros {Bapa} kai {dan} tou huiou {Putera} kai {dan} tou hagiou {Kudus} pneumatos {Roh}

    Perubahan bentuk kata “ονομα – ONOMA” :

    Tunggal:
    Nominatif, ονομα – ONOMA
    Genitif, ονοματος – ‘ONOMATOS
    Datif, ονοματι – ‘ONOMATI’
    Akusatif, ονομα – ONOMA

    Jamak:
    Nominatif, ονοματα – ONOMATA
    Genitif, ονοματων – ONOMATÔN
    Datif, ονομασιν – ONOMASIN’
    Akusatif, ονοματα – ONOMATA

    Bapa, Anak, dan Roh Kudus, masing-masing bukanlah “nama”.

    Konsep ini tidak bertentangan dengan TANAKH IBRANI :

    Salah satu contoh ayat :

    * Kejadian 1:1
    LAI TB, Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
    KJV, In the beginning God created the heaven and the earth.
    Hebrew,
    בְּרֵאשִׁית בָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ׃
    Translit, BERE’SYIT {pada mulanya} BARA’ {Dia menciptakan} ‘ELOHIM {Allah} ‘ET HASYAMAYIM {langit itu} VE’ET {dan} HA’ARETS {bumi itu}

    Kata Allah dalam bahasa Ibrani ” אלהים – ‘ELOHÎM” menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal (singular) : ” ברא – BARA’”, hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks.

    Alkitab mengajar dengan jelas bahwa Allah itu Esa :

    * Ulangan 6:4
    LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
    KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
    Hebrew,
    שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
    Translit interlinear, SYEMA’ {dengarlah} YISRA’EL {Israel} YEHOVAH {YHVH dibaca ‘Adonay, TUHAN} ‘ELOHEINU {Allah kita} YEHOVAH {YHVH dibaca ‘Adonay, TUHAN} EKHAD {esa}”

    Yesus Kristus sendiri menekankan pentingnya ajaran Kitab Suci ini tentang ke-Esa-an Allah :

    * Markus 12:29
    LAI TB, Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
    KJV, And Jesus answered him, The first of all the commandments is, Hear, O Israel; The Lord our God is one Lord:
    TR, ο δε ιησους απεκριθη αυτω οτι πρωτη πασων των εντολων ακουε ισραηλ κυριος ο θεος ημων κυριος εις εστιν
    Interlinear, ho de {dan} iêsous {Yesus} apekrithê {Dia menjawab} autô {kepadanya} hoti {bahwa} prôtê {pertama} asôn {dari segala} tôn entolôn {perintah-perintah} akoue {dengarlah engkau} israêl {Israel} kurios {Tuhan} ho theos {Allah} hêmôn {kita} kurios {Tuhan} heis {satu} estin {Dia adalah}

    Sebagai seorang Kristiani yang mengimani Yesus kristus adalah Tuhan dan Allah, kita tahu bahwa paham Trinitas sama sekali tidak berarti adanya tiga allah sebagaimana yang dibayangkan secara salah oleh beberapa kalangan, termasuk beberapa kelompok “Kristen” sendiri. Arti dari paham ini ialah bahwa Allah itu satu adanya.

    Yesus berkata kepada murid-muridNya, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” (Matius 28:19). Monoteisme jelas sekali dalam kata-kataNya, “baptislah mereka dalam nama”–> ‘ONOMA’ (single).
    Yesus tidak berkata baptislah mereka dalam nama-nama ‘ONOMATA’ (plural) Bapa, Anak dan Roh Kudus. Namun Keesaan dipaparkan dengan jelas dalam kata-kataNya, “ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος – ONOMA TOU PATROS KAI TOU HUIOU KAI TOU HAGIOU PNEUMATOS” (lihat penjelasan diatas) . Bapa Gereja Tertulianus, ia adalah yang mula pertama mencetuskan ide, gagasan dan dengan tepat mendasarkan doktrin Trinitas dari ayat Matius 28:19 dan dia menjabarkannya dalam suatu doktrin yang berbunyi : ‘una substantia tres personae’, “satu substansi/hakekat tiga pribadi”.

    Allah yang Esa bukan berarti Allah seperti seonggok batu. Saya meyakini keesaan Allah yang multi-kompleks. Kata Allah dalam bahasa Ibrani ‘ELOHIM menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal, hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks.

    • kata ‘TRINITAS’ tidak ada dalam Alkitab, selain itu saya belum menemukan keterangan kalo putra Maryam berkata saya Adalah Allah. kalo pun diadakan itu tidak masuk akal karena putra Maryam pernah berdo’a meminta sesuatu kepada Allah.

  20. Allah itu Esa baik dzat, sifat dan perbuatannya; Contoh saya mempunyai 1 buah jam tangan; jam tangan itu satu tapi tidak Esa karena terdiri dari beberapa unsur, ada mesinnya, jarumnya, wadahnya dll. Dalam hal meng-Esakan Allah diakui atau tidak Islamlah yang paling ilmiah; bersih dari kemusyrikan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: