Perumpamaan Isa di sisi Allah ialah seperti Adam yang Dia ciptakan dari tanah

بسم الله الر حمن الر حيم

إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِندَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ ۖ خَلَقَهُ مِن تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُن فَيَكُونُ

Sesungguhnya perumpamaan Isa di sisi Allah, adalah seperti Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah dia.
QS. Ali Imran (3) : 59

Fakta membuktikan bahwa Adam dan Isa sama-sama diciptakan tanpa proses reproduksi normal. Selain itu, dalam al-Quran kata adam dan kata Isa sama sama disebut sebanyak 25 kali.

Berikut ialah surat-surat dalam Quran yang memuat kata Adam:

  1. al-Baqarah ayat: 31, 33, 34, 35, 37
  2. ali ‘Imran ayat: 33, 59
  3. al-Maidah ayat: 27
  4. al-A’raf ayat: 11, 19, 26, 27, 31, 35, 172
  5. al-Isra’ ayat: 61, 70
  6. .al-Kahfi ayat: 50
  7. Maryam ayat: 58
  8. Thaha ayat: 115, 116, 117, 120, 121
  9. Yasin ayat: 60

Dan berikut ialah surat-surat dalam Quran yang memuat kata Isa:

  1. al-Baqarah: 87, 136, 253
  2. ali Imran: 45, 52, 55, 59, 84
  3. an-Nisa: 157, 163, 171
  4. al-Maidah: 46, 78, 110, 112, 114, 116
  5. al-An’am: 85
  6. Maryam: 34
  7. al-Ahzab: 7
  8. asy-Syura: 13
  9. az-Zukhruf: 63
  10. al-Hadid: 27
  11. as-Shaf: 6, 14

Dalam Quran, Kata Isa dan Adam keduanya disebut sebanyak 25 kali. Dan kata Adam dan Isa yang ke 19 terdapat pada surat maryam (surat ke 19), dimana kata isa yang ke 19 ada pada ayat 34 dan kata Adam yang ke 19 ada pada ayat 58.

Dan perbedaan ayat dari nomor ayat 34 ke ayat 58 ialah 25 ayat.

Published in: on Desember 18, 2009 at 11:49 pm  Comments (92)  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://putramaryam.wordpress.com/2009/12/18/perumpamaan-isa-di-sisi-allah-ialah-seperti-adam-yang-dia-ciptakan-dari-tanah/trackback/

RSS feed for comments on this post.

92 KomentarTinggalkan komentar

  1. Pertamaxxx…dl deh…nice post @mas…wassalam

    • bagai mana kabarnya kang,
      sekarang kita tidak usah takut makan mie ayam dipinggir jalan lagi, karena kita bisa pesan mie ayamnya tanpa pake daging ayam yang meragukan itu.
      bagai mana pendapat akang?

  2. jika hitungannya jumlah kata perkata,
    maka seharusnya Anda lebih percaya Alkitab daripada kitab manapun..

    untuk kata Allah (dan variannya)
    di Alkitab ada 3588 buah, dan untuk Tuhan (dan variasinya) ada 6526

    • walau pun yang saya pelajari saat ini adalah Quran, tapi saya juga percaya kepada kitab-kitab yang Allah turunkan sebelumnya.

      • apa saja itu?
        dan apa isinya?

    • Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Yaqub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami bagi-Nya ialah muslimun(orang-orang yang berserah diri)

      • apa yang diturunkan ke orang-orang yang Anda sebut di atas?

        apa yang diturunkan ke anak2 Ismael?
        kenapa anak Ishak yang menurunkan Musa?

        jika Anda berserah kepada Tuhan mereka, lalu Tuhan apa yang mau disogok?

      • Salah satu contohnya ialah Injil yang didatangkan kepada putra Maryam, yaitu kitab yang di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya.

        apa yang anda maksud dengan “menyogok Tuhan”?

        hati-hati, Dia sangat pedih siksaan-Nya, dan maha Pengampun.

      • Injil apa yang Anda percayai?
        ada 50-an lebih Injil….

        hanya 4 yang ada di Alkitab…

        so yang mana?

        Ya, orang yang menganggap Allah dapat memberi sorga oleh karena perbuatan baik dari diri sendiri adalah menyogok Allah.

    • untuk kata Allah (dan variannya)
      di Alkitab ada 3588 buah, dan untuk Tuhan (dan variasinya) ada 6526 apanya yang menarik dengan angka 3588 dan 6526?

      Coba jelaskan apanya yang menarik dengan angka2 tersebut!!!

      Parhobas ini sengaja mendukung aliran sesat, dia memilih untuk berpihak kepada musuh-musuh Allah, dan mendoktrin masyarakat dengan kitab terjemahan buatan manusia yang penuh kontradiksi.

      Yang menarik itu adalah dalam al-Quran kata adam dan kata Isa sama sama disebut sebanyak 25 kali.

      Berikut ialah surat-surat dalam Quran yang memuat kata Adam:

      1. al-Baqarah ayat: 31, 33, 34, 35, 37
      2. ali ‘Imran ayat: 33, 59
      3. al-Maidah ayat: 27
      4. al-A’raf ayat: 11, 19, 26, 27, 31, 35, 172
      5. al-Isra’ ayat: 61, 70
      6. .al-Kahfi ayat: 50
      7. Maryam ayat: 58
      8. Thaha ayat: 115, 116, 117, 120, 121
      9. Yasin ayat: 60

      Dan berikut ialah surat-surat dalam Quran yang memuat kata Isa:

      1. al-Baqarah: 87, 136, 253
      2. ali Imran: 45, 52, 55, 59, 84
      3. an-Nisa: 157, 163, 171
      4. al-Maidah: 46, 78, 110, 112, 114, 116
      5. al-An’am: 85
      6. Maryam: 34
      7. al-Ahzab: 7
      8. asy-Syura: 13
      9. az-Zukhruf: 63
      10. al-Hadid: 27
      11. as-Shaf: 6, 14

      Dalam Quran, Kata Isa dan Adam keduanya disebut sebanyak 25 kali. Dan kata Adam dan Isa yang ke 19 terdapat pada surat maryam (surat ke 19), dimana kata isa yang ke 19 ada pada ayat 34 dan kata Adam yang ke 19 ada pada ayat 58.

      Dan perbedaan ayat dari nomor ayat 34 ke ayat 58 ialah 25 ayat

      • Tidak ada yang menarik dengan angka 3588 dan 6526 tersebut, itu hanya jumlah banyaknya kata tersebut disebut.

        Parhobas hanya ingin mempertahankan kitab terjemahannya yang penuh dengan keraguan di dalamnya.

      • yang menarik adalah…
        dengan jumlah 25 kata saja sudah bisa membuat orang ‘linglung’ apalagi ribuan…
        karena kelingungan bisa juga membuat sesat setrusnya murtad

      • kata Parhobas:
        untuk kata Allah (dan variannya)
        di Alkitab ada 3588 buah, dan untuk Tuhan (dan variasinya) ada 6526. apanya yang menarik dengan angka 3588 dan 6526?

        Coba jelaskan apanya yang menarik dengan angka2 tersebut!!!

        Parhobas ini sengaja mendukung aliran sesat, dia memilih untuk berpihak kepada musuh-musuh Allah, dan mendoktrin masyarakat dengan kitab terjemahan buatan manusia yang penuh kontradiksi.

        Yang menarik itu adalah dalam al-Quran kata adam dan kata Isa sama sama disebut sebanyak 25 kali. https://putramaryam.wordpress.com/2009/12/18/perumpamaan-isa-di-sisi-allah-ialah-seperti-adam-yang-dia-ciptakan-dari-tanah/

  3. as, wr,wb

    salam kenal ya bro.
    blog yang luar biasa, semoga bermanfaat bagi banyak orang.
    salam hangat

    adi isa

    • sama-sama, apa kabar kang Adi?

  4. Assalaaamu’alaikum w.b.t……. ringkas tetapi padat. Cantik ya akhi, kurang2 nya lebih baik dari panjang lebar tapi orang tak faham2 atau skip2 bacaan hehe

    Maka sudah JELAS Isa a.s itu dijadikan dari tanah juga, masakan TUHAN datang menjelma dalam bentuk tanah, sedangkan tanah itu MAKHLUK

    Tuhan sesekali tidak akan menjadi makhluk, kerana makhluk diciptakan, Tuhan tidak diciptakan tetapi Dia hanya MENCIPTA

    Dia Maha Suci dari segala sesuatu, Allah Maha Besar

    Baarokallahu lakum 🙂

    • Waalaikum salaam w.b.t.
      Apa kabar Ahmad?

      baarokallahulakum

    • Mana bukti di al quran kalian Yesus dijadikan dari tanah? Yesus dijadikan dari ROH!

      • Yesus itu manusia, sedangkan manusia itu dijadikan dari tanah…berarti yesus itu juga diciptakan dari tanah…

        hanya saja proses kejadian yesus itu berbeda dengan umumnya manusia yang mengalami proses pembuahan dari dua manusia, sedangkan proses penciptaan yesus itu “terjadi” sebagaimana proses penciptaan Adam, tanpa pembuahan dari dua manusia, semata-mata karena kuasa ALLAH SWT.

      • @kawan Zero;
        1. Menurut Anda apa itu prinsip penciptaan?
        2. Kalau Anda katakan Yesus menjadi manusia oleh kuasa Allah SWT, saya tanya, maksud Anda bahwa Allah SWT adalah Roh KUDUS ?

        Luk 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

      • 1. Menurut Anda apa itu prinsip penciptaan?

        => menurut saya penciptaan itu dari yang tidak ada menjadi ada

        2. Kalau Anda katakan Yesus menjadi manusia oleh kuasa Allah SWT, saya tanya, maksud Anda bahwa Allah SWT adalah Roh KUDUS ?

        => Allah adalah Roh Kudus??? bukan, Roh Kudus itu adalah bagian dari Allah itu sendiri yang menyatakan asal dari roh tersebut adalah dari Allah yang Maha Suci (Al-Quddus). Roh Kudus itu ditiupkan kesetiap penciptaan manusia ketika masih didalam rahim. Karena pada dasarnya setiap manusia yang tercipta (terlahir) itu adalah suci, tidak berdosa.
        Sementara itu dalam konteks lain, Roh Kudus juga merujuk kepada Jibril.
        Penciptaan Isa dengan menggunakan kata Roh Kudus, maksudnya adalah bahwa Isa diciptakan melalui kekuasaan Allah semata hanya dengan Ruh Suci (Kudus) dari Allah, tanpa adanya pembuahan.

  5. @Ahmad

    Maka sudah JELAS Isa a.s itu dijadikan dari tanah juga, masakan TUHAN datang menjelma dalam bentuk tanah, sedangkan tanah itu MAKHLUK
    Yeshua adalah inkarnasi Allah, dan kalau Anda mengakatan Allah adalah dari tanah, maka Anda sangat tidak mengenal Allah, allah apa yang Anda sembah kawan?
    Tuhan sesekali tidak akan menjadi makhluk, kerana makhluk diciptakan, Tuhan tidak diciptakan tetapi Dia hanya MENCIPTA
    dari tahun 4000 SM juga orang dah tahu…
    Dia Maha Suci dari segala sesuatu, Allah Maha Besar
    dan karena Yeshua juga suci maka kita bisa mengenal TUHAN yang suci, dosa apa yang pernah Yeshua lakukan? coba saya dikasih satu saja

    Baarokallahu lakum🙂
    horas jala gabe ma dihita saluhut…

    • Salaamun alaikum, ya ayyuha Annaas

      Wa ya Parhobass, Yesus bukan inkarnasi Allah, soal inkarnasi TUHAN ini adalah konsep PENYEMBAH2 BERHALA sejak dari zaman Raja Namrud dulu lagi

      TUHAN tidak pernah inkarnasi menjadi manusia, kerana manusia itu MAKHLUK, MAKHLUK itu LEMAH. ALLAH Maha Kuat, Allah Maha Tinggi

      Jangan merendah2kan Raja Sekelian Alam, cuba kamu rendahkan raja di dunia ini, apa akan jadi?

      Sedarlah kita semua hanyalah HAMBA ALLAH. ALLAH ciptakan kita hanya untuk beribadah kepadaNya semata TANPA menyengutukanNya, kemudian menjadi manusia yang soleh yang melakukan kebaikan dan mengelakkan berbuat jahat.

      dan karena Yeshua juga suci maka kita bisa mengenal TUHAN yang suci, dosa apa yang pernah Yeshua lakukan?

      Dan dosa apa Nabi Muhammad S.a.w lakukan?? Membunuh?? Muhammad S.a.w berperang melawan orang2 musyrik kerana melaksanakan PERINTAH ALLAH,

      “Diizinkan berperang bagi orang-orang (Islam) yang diperangi, kerana sesungguhnya mereka telah dianiaya dan sesungguhnya Allah amat berkuasa untuk menolong mereka.” Surah Al Hajj : Ayat 39

      Dan lihatlah Perang pertama dalam Islam iaitu Perang Badar. Umat Islam hanya 313 orang melawan 900 lebih orang MUSYRIK, tetapi ISLAM menang. Cuba kamu fikir logik, umat Islam itu tidak pernah ada pengalaman berperang, kebanyakannya orang2 yang lemah sahaja, tetapi mengapa boleh menang??

      Itu lah kerana BANTUAN dari langit wahai saudara, subhanAllah.

      Sama seperti Nabi Musa a.s berperang melawan MUSYRIK. Dan jangan lupa, hukuman bunuh terhadap MUSYRIK adalah perintah TUHAN dalam Perjanjian Lama

      Ulangan 13:6 Maka jikalau kiranya saudaramu yang seibu dengan dikau, atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau bini yang diribaanmu, atau sahabatmu yang kekasih hatimu itu membujuk akan kamu sembuni-sembuni, katanya: Mari kita pergi berbuat bakti kepada dewa-dewa yang tiada dikenal oleh kamu atau oleh nenek moyangmupun tidak,
      13:7 dari pada dewa-dewa segala bangsa yang duduk keliling kamu, baik hampir baik jauh, dari pada ujung bumi kepada ujung bumi yang lain,
      13:8 janganlah kamu menurut kehendaknya dan jangan dengar akan katanya, bahkan, jangan hatimu kasihan akan dia dan jangan sayang akan dia dan jangan melindungkan dia,
      13:9 melainkan hendaklah kamu membunuh dia dan pertama-tama tanganmu sendiri melawan akan dia hendak membunuh dia, kemudian tangan segenap bangsa itu.
      13:10 Maka hendaklah kamu melontari dia dengan batu, sehingga matilah ia, karena telah dicobanya mengundurkan kamu dari pada Tuhan, Allahmu, yang telah menghantar akan kamu keluar dari negeri Mesir, dari tempat perhambaan itu.
      13:11 Maka demikian kedengaranlah hal itu kelak kepada segenap Israel, lalu mereka itu akan takut dan tiada berani lagi berbuat perkara yang jahat begitu di tengah-tengah kamu.

      Maka adakah kamu mahu mengatakan MUSA itu pembunuh?

      Dan siapa yang telah mengubah semua HUKUM dalam Perjanjian Lama?? Itulah orang2 Yahudi yang telah menuduh Yesus itu sesat, Kerajaan Rome dan Paulus.

      Kerana apa? Kepentingan politik dan agar orang2 Kristian TIDAK MEMERANGI mereka2 yang masih ramai MENYEMBAH BERHALA ketika pemerintahan kerajaan ROME itu. Agar rakyat di negaranya AMAN.

      Wallahu a’lam. Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalaam …….🙂

      • Masya Allah

      • koq jadi konsep orang lain,

        apakah saya juga bisa berkata, konsep jiarah ke baitulallah juga adalah konsep kaum arabiah tak bertuhan di jaman jahilliah?

        Paulus hanya memiliki pena, bisa mengalahkan Kerajaan Roma, penguasa tunggal eropah dan asia pada waktu itu…

        kira2 apa yang bisa memenangkan dia?
        KASIH…. bukan pedang, bukan bom…

        apa salah Paulus kawan? sampai Anda membencinya?

      • hijrah ke baitullah itu adalah sebagaimana yang dilakukan oleh nabi Ibrahim…perihal dilakukan oleh arab jahilliah, ya itu karena mereka jahil dan merusak sendi-sendi agama islam yang telah diturunkan kepada Nabi Ibrahim, maka diangkatlah Muhammad SAW untuk mengembalikan sendi-sendi ajaran islam sebagaimana yang telah diajarkan pada Nabi Ibrahim.

        ummat Yahudi dan Nashrani sangat menyelisihi ajaran yang telah diturunkan kepada Nabi Ibrahim, padahal mereka pada dasarnya adalah keturunan dari Nabi Ibrahim

      • Bang Zero,

        Agama apa yang dibawa Ibrahim/Abraham, sampai keturunannya semua Yahudi/Ibrani ?

      • Biar saya yang jawab,

        mereka semua muslim.

      • Ibrahim bukan yahudi dan bukan nasrani, dia adalah muslim yang haniif, dan bukan termasuk orang-orang yang musyrik.

      • LOL,
        apa syarat menjadi muslim?

      • @Parhobas…pertanyaannya sudah dijawab oleh @LOL…

        kalo syarat menjadi muslim (orang islam):
        1. mengucapkan 2 kalimat syahadat
        2. Melaksanakan shalat
        3. Melaksanakan (membayar) zakat
        4. Melaksanakan ibadah puasa ramadhan
        5. Melaksanakan ibadah Haji, jika mampu
        mudah khan…🙂

        konteksnya ziarah ke baitullah yang anda bahas itu adalah karena memang sudah di ajarkan oleh Nabi Ibrahim…lha nashrani yang katanya dari keturunan Ibrahim, kenapa ga menjalankan apa yang sudah di ajarkan oleh nabi Ibrahim…??? malah menyelisihi ajaran Ibrahim…men-tuhan-kan manusia…???

      • Bukan hanya itu, dahulu nabi Isa mendirikan shalat dan menunaikan zakat selama hidupnya. apa orang kristen suka solat dan bayar zakat?

  6. Konsep ziarah ke Baitullah, sama dengan ziarah ke masjid, kamu pun ziarah ke gereja pada hari Ahad, itu sama sekali TIDAK RELEVAN wahai saudara

    jangan persoalkan soal remeh temeh, sekarang kita di masalah AQIDAH, iatu TUHAN. Tuhan itu TIDAK berINKARNASI menjadi manusia, itu POKOKNYA, itu ajaran PENYEMBAH BERHALA, di asaskan oleh Namrud, kemudian diikuti oleh Firaun2 di Mesir, kemudian menyerap ke dalam banyak ajaran2 lain termasuk Hindu dan Kristian

    Paulus mengalahkan kerajaan ROME?? hehe saudara, sedarlah, Paulus itu BEKERJA dengan kerajaan ROME

    Tetapi seperti biasa, Illuminati (senang cerita) akan membela orang2 yang bekerja untuk mereka, selagi mereka mendapat hasil. Kemudian setelah mereka mendapat banyak hasil akhirnya mereka bunuh juga, sama seperti kisah2 artis zaman sekarang, ahli2 politik dan sebagainya

    Paulus banyak mengubah Taurat, Paulus menganggap Yesus itu TUHAN (menyelewengkan AQIDAH manusia). Mengapa saya perlu BENCI Paulus?? Paulus TIDAK SELEWENGKAN aQidah saya, tetapi AQidah kamu wahai saudara🙂

    Saya hanya berikan FAKTA kepada kamu, jika masih tidak mahu terima, terserah, tetapi tak perlu kata saya benci Paulus ke apa, itu namanya dah mula nak serang peribadi hehe

    Teruskan berhujjah saudara, tak perlu serang peribadi lagi, buktikan dulu KEBENARAN kamu, KEBENARAn bukan boleh dibuktikan dengan BENCI atau TUDUH tanpa bukti

    KEBENARAN mesti ada ASAS, FAKTA dan BUKTI. ASAS yang berpijak di bumi yang nyata, bukan bermimpi di siang hari 🙂

    • Nizam

      Anda berkata
      KEBENARAN mesti ada ASAS, FAKTA dan BUKTI. ASAS yang berpijak di bumi yang nyata, bukan bermimpi di siang hari

      sekarang saya minta asas, fakta dan bukti:
      1. TUHAN tidak berinkarnasi menjadi manusia, disebut YESUS

      2. Paulus mengubah ayat apa saja

      3. al quran yang asli

      4. allah Anda ada…

      semoga Anda tidak besar mulut kawan…
      adil lah pada diri sendiri sebelum berkata2..

      OK

  7. @BAng Zero

    kata Anda

    kalo syarat menjadi muslim (orang islam):
    1. mengucapkan 2 kalimat syahadat
    2. Melaksanakan shalat
    3. Melaksanakan (membayar) zakat
    4. Melaksanakan ibadah puasa ramadhan
    5. Melaksanakan ibadah Haji, jika mampu
    mudah khan…🙂

    apakah Anda tidak menemukan dilema di point 1 itu?

    1.Muhammad itu manusia apa gimana?
    2. Bagaimana mungkin Rasul Yohanes mengucapkan syahadat?
    3. Coba beri contoh keturunan Ibrahim/Abraham yang pergi ke-baitulllah dari sejak Ismael sampai Rasul Yohanes

    • Apasih parhobas?

      biar saya yang menjawab

      maksud dua kalimah syahadat itu mengakui bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, itu isinya.

      beliau rasul dan beliau manusia, sama seperti Isa.

      Rosul Yohanes? siapa dia? tahukan kamu siapa Yohanes?

      kami tidak kenal Yohanes jangan tanyakan itu pada kami tanyakan pada mereka.

      Ibrahim dan Ismail dahulu mendirikan bangunannya, ada dalam Qs al-baqarah juz 1.
      ini contoh bahwa Ibrahim dan putranya telah pergi kesana.

    • @Parhobas

      udah dijawab tuh sama @lol
      🙂

      • @Bang Zero,

        pengkuan atas Muhammmad (yang saya percaya tidak ada orang yang tidak mengakui bahwa ia hanya seorang manusia) menjadi dasar seseorang menjadi ISLAM,

        pertanyaan saya, bagaimana orang yang tidak pernah mendengar Muhammad? apakah bisa menjadi ISLAM?

        tentu tidak, dan itu menjadi sebuah DILEMA

      • Mana bang zero? mungkin dia sibuk.

        Biar saya lagi yang jawab kasihan parhobas mungpung belum meninggal.

        pertanyaan parhobas: bagaimana orang yang tidak pernah mendengar Muhammad? apakah bisa menjadi ISLAM?

        saya belum pernah mendengar dia berbicara karena saya belum lahir pada waktu itu, tapi saya Islam.

        parhobas memang anda sendiri pernah bertemu dengan putra Maryam?

        kalo bertemu dengan beliau pasti kamu menyesal, karena beliau seorang muslim sama seperti nabi Musa dan Muhammad.

        Parhobas saya kasih saran, cepat tobat sebelum meninggal!

      • @LOL

        semoga hatimu terbuka..

      • pengkuan atas Muhammmad (yang saya percaya tidak ada orang yang tidak mengakui bahwa ia hanya seorang manusia) menjadi dasar seseorang menjadi ISLAM,

        => anda pernah bertemu yesus…???

        lalu mengapa anda begitu meyakini bahwa yesus itu adalah Tuhan…???

        pertanyaan saya, bagaimana orang yang tidak pernah mendengar Muhammad? apakah bisa menjadi ISLAM?

        => Apa gunanya anda sekolah, kalo tidak mau membaca…???

        @saudara LOL
        iya nech…supersibuk banget, urusan kantor…🙂

      • pertanyaan Anda irrelevan…

        pertanyaan saya, bagaimana orang yang tidak pernah mendengar Muhammad? apakah bisa menjadi ISLAM?

        ini artinya, apakah Nabi Yeremia (contohnya) tidak pernah bersaksi tentang Muhammad, apakah ia serta merta menjadi ke neraka karena tidak menjadi Islam?

        mengenai pertanyaan Anda,
        apakah saya pernah bertemu Yesus, lalu kenapa saya percaya Yesus adalah TUHAN?,.. Anda mungkin lupa, Yang memampukan memanggil Yesus TUHAN adalah ROH KUDUS, dan ROH KUDUS ada sekarang di dunia ini, karena di utus oleh Bapa di dalam Nama Yesus Kristus, DIA-lah yang sedang giat mencari orang-orang yang mau bersatu dengan TUHAN di sorga kelak…

      • Islam itu bukan agama yang hanya disampaikan nabi Muhammad, melainkan islam adalah agama yang ada di sisi Allah. Yang diajarkan kepada umat-umat terdahulu sebelum nabi Muhammad. Seperti telah disampaikan oleh Musa dan Isa putra Maryam rasulallah.

        Jadi jika Parhobas mencari agama selain islam maka akan ditolak dan pada hari kiamat termasuk orang-orang yang rugi.

      • Saudara Adam,

        Jika Islam bukan agama yang dibawa M, maka tidak perlu syahadat. Tetapi karena Syahadat penting, maka ada dilema, bahwa orang yang hidup sebelum M, tidak mungkin mengucapkan Syahadat.

        (syahadat di sini adalah syahadat Islam, bukan Syahadat Yahudi atau Kristen, supaya jelas saja)

      • Salah satu isi syahadat yaitu mengakui bahwa Muhammad adalah rasulallah. Karena kita ini adalah ummat Muhammad.

        Tentu berbeda dengan ummat nabi Musa dan nabi Isa. Karena, nabi yang wajib mereka taati saat itu bukanlah Muhammad.

        Contoh: bersaksinya orang yang beriman dari kaum tsamud, mereka bersaksi bahwa Salih adalah rasulallah. baca Qs al-a’raf 75

        Anda Islam?

      • Saudara Adam,
        justru pengakuan atas Muhammad itulah, di dalam Syahadat, sebagai dasar menjadi Islam, yang menjadikan orang yang hidup sebelum Muhammad tidak mungkin Islam.

        kecuali kalau orang setelahnya telah membuat itu sebagai tafsiran atau patokan.

        dan itulah dilema yang harus Anda jawab, yang saya tanya sedari awal…

        gimana menjawab dilema itu?

        Saya Kristen.

      • Saya Muslim.

        Seorang muslim diwajibkan untuk mentaati Allah dan rasulnya.

        kaum a’d harus taat kepada Allah dan rasul-Nya yaitu Hud, kaum tsamud harus taat kepada Allah dan rasul-Nya yaitu soleh, dan Parhobas harus taat kepada Allah dan rasul-Nya Muhammad. Untuk itu yang diperlukan oleh Parhobas adalah bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

        Allah telah menghalangi Bani Israil di kala Isa putra Maryam mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata: “Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata.”

        Dan Allah telah mengilhamkan kepada pengikut Isa yang setia: “Berimanlah kamu kepada-Ku dan kepada Rasul-Ku “. Mereka menjawab: Kami telah beriman dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami muslimuun (orang-orang yang berserah diri)”.

      • miris hati saya dimana Anda tidak pernah menjawab pertanyaan saya…

        salam damai selalu deh buat Adam…

      • Sudah saya jawab tapi anda tidak mampu memahaminya.

        Mungkin harus dijawab dengan penjelasan yang biasa, walaupun belum tentu dia percaya.

        Ini adalah jawabannya: Untuk memeluk Islam suatu kaum harus syahadat, yaitu Bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa utusan Allah yang datang pada mereka adalah rasulallah.

        Umat Muhammad harus bersaksi bahwa Muhammad adalah rasulallah. Dan Ummat sebelum Muhammad harus bersaksi bahwa utusan yang datang kepada mereka adalah rasulallah.

        Karena itulah para pengikut putra Maryam disebut muslimuun karena dia beriman kepada Allah dan rasul-Nya Isa.

      • yang lebih miris adalah hati saya dimana Parhobas tidak pernah menjawab pertanyaan saya…
        kata Parhobas:
        untuk kata Allah (dan variannya)
        di Alkitab ada 3588 buah, dan untuk Tuhan (dan variasinya) ada 6526. apanya yang menarik dengan angka 3588 dan 6526?

      • @Adam
        baiklah kalau menurut Anda itu jawaban.
        Ingat syahadat Anda adalah..

        Tidak ada tuhan selain Allah, dan Muhammad rasul Allah.

        apa ada syahadat yang lain (untuk memasukkan rasul yang lain? atau siapa saja rasul yang lain?, apakah cuman 3 yang Anda sebut?)

        @LOL,
        sudah dijawab kawan?
        dengan 11 kata saja di Quran mengenai ISA Anda sudah begitu yakin, trus bagaimana dong yang ada ribuan di Alkitab? masa menutup mata?

      • Tulisan ini bukan masalah banyak sedikitnya kata adam dan isa disebut.

        ini masalah keajaiban yang terkandung dalam al-Quran. Yaitu perumpamaan isa di sisi Allah adalah seperti Adam yang Allah ciptakan dari tanah.

        perhatikan ayat berikut:

        إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِندَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ ۖ خَلَقَهُ مِن تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُن فَيَكُونُ

        Sesungguhnya perumpamaan Isa di sisi Allah, adalah seperti Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah dia.
        QS. Ali Imran (3) : 59

        apa yang ajaib dari ayat tersebut?

        Fakta membuktikan bahwa Adam dan Isa sama-sama diciptakan tanpa proses reproduksi normal. Selain itu, dalam al-Quran kata adam dan kata Isa sama sama disebut sebanyak 25 kali.

        Berikut ialah surat-surat dalam Quran yang memuat kata Adam:

        1. al-Baqarah ayat: 31, 33, 34, 35, 37
        2. ali ‘Imran ayat: 33, 59
        3. al-Maidah ayat: 27
        4. al-A’raf ayat: 11, 19, 26, 27, 31, 35, 172
        5. al-Isra’ ayat: 61, 70
        6. .al-Kahfi ayat: 50
        7. Maryam ayat: 58
        8. Thaha ayat: 115, 116, 117, 120, 121
        9. Yasin ayat: 60

        Dan berikut ialah surat-surat dalam Quran yang memuat kata Isa:

        1. al-Baqarah: 87, 136, 253
        2. ali Imran: 45, 52, 55, 59, 84
        3. an-Nisa: 157, 163, 171
        4. al-Maidah: 46, 78, 110, 112, 114, 116
        5. al-An’am: 85
        6. Maryam: 34
        7. al-Ahzab: 7
        8. asy-Syura: 13
        9. az-Zukhruf: 63
        10. al-Hadid: 27
        11. as-Shaf: 6, 14

        Dalam Quran, Kata Isa dan Adam keduanya disebut sebanyak 25 kali. Dan kata Adam dan Isa yang ke 19 terdapat pada surat maryam (surat ke 19), dimana kata isa yang ke 19 ada pada ayat 34 dan kata Adam yang ke 19 ada pada ayat 58.

        Dan perbedaan ayat dari nomor ayat 34 ke ayat 58 ialah 25 ayat.

        sedangkan untuk kata Allah (dan variannya)
        di Alkitab ada 3588 buah, dan untuk Tuhan (dan variasinya) ada 6526. apanya yang menarik dengan angka 3588 dan 6526 tersebut?

        apa anda menawarkan angka-angka tersebut untuk menunjukan suatu keajaiban seperti penjelasan ayat Quran tentang Isa dan Adam?

        Anda telah menulis angka-angka tersebut, sekarang jelaskan makna dibaliknya seperti kami telah menjelaskan kepada anda tentang perumpamaan Isa di sisi Allah.!

      • @LOL
        itu keajaiban toh?.. saya akan bertanya, siapa yang pertama menomori Quran? apakah ia juga mendapat wahyu dari allahnya?

        mikir ngga sampai kesana?

        nah dengan 11-an ayat saja sudah bangga, gimana dengan ribuan ayat? apa ngga sampai mata rohaninya ke sana?
        kalau Anda pake itung-itungan seperti Anda menerapkan itung2an ke Quran (yang Anda sebut keajaiban), berapa ribu keajaiban yang bisa tercipta?

        duhhhh miris hati ini

      • Tidak! Yang lebih miris adalah hati saya, dimana Parhobas tidak pernah menjawab pertanyaan saya…
        kata Parhobas:
        untuk kata Allah (dan variannya)
        di Alkitab ada 3588 buah, dan untuk Tuhan (dan variasinya) ada 6526. apanya yang menarik dengan angka 3588 dan 6526?

      • baiklah kita sama2 miris, dan ternyata Anda lebih miris…

        semoga bisa dihibur oleh kerendehan hati

      • @LOL
        byk Kristen tidak terlalu mengambil hati dgn hitung2an angka seperti yang iman Anda lakukan. Karena penomoran Alkitab br dilakukan sekitar abad 15, artinya awalnya penomoran itu tdk ada.

        tetapi kalau Ana tertarik dgn hal2 begitu silahkan buka http://www.bible-codes.org

      • Sudah saya lihat tapi tidak ada yang menarik.
        Memang ada apa dengan kode-kode yang membingungkan tersebut?

        Coba jelaskan! saya malas menelitinya. (malas karena yakin bahwa tidak ada yang ajaib disana kecuali kontradiksi dan penjelasan yang dibuat-buat)

        Kalo tidak ada yang luarbiasa dan memang tidak ada, maka sia-sia penjelasan tersebut.

      • @LOL

        sekali lagi bahwa byk Kristen tidak terlalu mengambil hati dgn hitung2an angka seperti yang iman Anda lakukan. Karena penomoran Alkitab br dilakukan sekitar abad 15, artinya awalnya penomoran itu tdk ada.

        Tetapi pola-pola penghitungan nomor2 itu terwaris dari Yahudi. Setiap huruf di Alkitab adalah nomor (karena penomoran di yahudi adalah dengan huruf2nya). Dan karena ada beberapa yang yakin pemilihan huruf itu tidak sembarangan. Dan huruf-huruf itu sendiri merepresentasikan makna teologis yang tinggi. Contoh huruf pertama ibrani Aleph adalah huruf yang dibangunn dari 2 huruf YOD (Y)dan satu WAV(W) (dimana Yod merepresentasikan YHWH), itulah kenapa Yesus sebagai YOD yang di bawah disebut YHWH dengan 2 natur (manusia dan Allah). Anda lebih baik guugling Kabbalah (misitc yahudi), yang bisa melihat semua detail huruf2 atau angka2 di Alkitab

      • nah .. menurut pengembang2 bible code (orang-orang Yahudi, bukan Kristen), Nama Yesus (Yeshua:bhs Ibraninya) juga bisa memberi pengertian luar biasa.
        contohnya:

        Ye–sh–u–>a<–u–hs–eY
        Ye-sh-u-a-u-hs-eY
        Ye 120 sh 120 u 120 a 120 u 120 hs 120 eY
        ELS start's at Exodus 2:18, + 120 x 3, = 360 letters to Ex. 3:1,
        + 120 x 3 more letters = 720 total letters, which ends at Ex. 3:7

        coba baca 1 ayat setelah ayat akhir:
        Keluaran 3:8
        Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.

        Jadi didapat:
        Yeshua = YHWH akan bergabung dengan manusia

        Note:
        sekali lagi Kristen kebanyakan tidak pernah mengambil hati dengan kode2 ini semua

      • Hati saya sekarang tidak miris, walaupun Parhobas tidak pernah menjawab pertanyaan saya…
        kata Parhobas:
        untuk kata Allah (dan variannya)
        di Alkitab ada 3588 buah, dan untuk Tuhan (dan variasinya) ada 6526. apanya yang menarik dengan angka 3588 dan 6526?

        Kasihan Parhobas, itu karena dia lebih memilih untuk membela kitab terjemahan miliknya.

        Saya malas meneliti tawaran parhobas, lebih baik belajar al-Quran saja. kenapa?

        Lihat saja pertanyaan-pertanyaan yang ada di http://meninggalkan.wordpress.com/category/pertanyaan-pertanyaan-tentang-isi-al-kitab-kitab-terjemahan-berbahasa-indonesia/

      • @LOL,

        tentang ribuan kata ‘Allah’ di Alkitab
        susah juga yah si LOL pahamnya…

        11 ayat bisa melahirkan rumus2 tertentu
        nah coba bayangkan
        ribuan ayat…(contohnya sudah Anda lihat di bible-code)

        kalau nnga ngerti juga kebangetan dah

      • Tentang ribuan kata ‘Allah’ di Alkitab
        susah juga yah Parhobas menjelaskannya…

        ayat ini
        إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِندَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ ۖ خَلَقَهُ مِن تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُن فَيَكُونُ

        Menyimpan suatu rahasia keajaiban, nah coba bayangkan
        ribuan ayat…(yang penuh kontradiksi)

        kalau nnga ngerti juga kebangetan dah

      • @LOL yang baik,

        ketika Anda berbicara dengan theologi kristen itu maka kosakata itu sudah sangat berbeda.
        Dan penerapannya apalagi.
        Contoh:
        1 Kata:
        Aku adalah ALLAH
        nah, bagi Anda dengan teknik2 tertentu di dalam bahasa Arabnya bisa merupakan keajaiban.

        bagi Kristen itu tidak ada makna. Mau dikali diapaaun juga tidak ada makna. Itu baru ada makna kalau Anda benar-benar tunduk dan mengakui bahwa si Aku itu memang benar-benar layak menguasai kita… dst.

        Itu juga yang diterapkan oleh Anda dan seiman Anda di dalam membaca Alkitab.

        si Kitab A misalkan ditulis:
        “Aku lapar”
        nah di Kitab B, menurut kacamata Anda haruslah juga bertuliskan Aku lapar,
        padahal konteksnya yang diharapkan di kitab B sudah lain. Maka kitab B menulis :”Aku rindu”…
        lalu pemula bertanya :”Lapar” apa “rindu”?
        lalu karena penjelasan tidak dapat diterima, dan karena alasan keimanan tertentu ia menyimpulkan… Alkitab kontradiksi.

    • Pesan untuk Parhobas http://parhobas.wordpress.com/2009/08/20/hello-world/#comment-3 apa sudah dimoderasi?

      • maksudnya apa kawan?

      • ternyata di folder spamnya menumpuk banyak,…
        saya tidak tahu kenapa…

      • hey… ini dia parhobas.wordpress.com tapi, isinya kosong?

        Sebaiknya kerjasama sama LOL saja, biar kita berdua ngisi blog tersebut dengan baik. Saya menyampaikan ayat-ayat Allah dan Parhobas menjadi pendukungnya, gimana?

      • walahh, LOL…

        parhobas dot bla bla tidak sama dengan parhobass dot bla bla..

  8. haahahaa..jangan klaim2 gitu donk..sok bner lo ni…semua orang di kata islam…trus agama Yahudi lo mau kemanain???? lo mau bilang Adam islam??? lo mau bilang NUh islam, lo mau bilang Musa Islam, atau lo mau bilang Isa islam???? doh adoh…..klo gitu knapa ada kitab talmud, taurat??? brarti jaman dulu emank islam itu kitabnya Taurat ya??? waduh prah juga nih???

    buat LOL…lo jangan meninggal cepat2…bertobat dulu yah…..banyak dosa lo nih..kliatan banget dari kata2 lo….prah……

    klo Tuhan lo ada….mestinya waktu perang Amerika Afghan , Taliban itu ga jatuh…….bener kan??? apa Tuhan lo itu ga bantu yah??? padahal katanya klo perang itu di bantu 1000 malaikat….owh…mungkin2 gara2 tentara Amerika 10000 ditaambah Malaikat yang asli dari Tuhan yang asli jumlahnya jadi 10000000000000000000000000000000…makanya lo babak belur….

    • Allah bilang bahwa agama yang ada disisi-Nya adalah islam.

      pelajari masuk islam https://putramaryam.wordpress.com/masuk-islam/

      • apa itu agama?

      • Agama ialah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah

      • jadi pelajaran agama yang di sekolah itu ada di sisi allah Anda?

        allah Anda guru agama dong?

    • Tunggu saja, sayapun sedang menunggu.

    • ni postingan ga mutu banget sih… @_@

  9. Apa agama Yesus? . Jika dijawab Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat manusia, maka dia tak perlu agama dan tak beragama. Maka, pernyataan ini bisa dipahami bahwa Yesus tak beragama, artinya Yesus itu ateis.
    Menurut Yossy Rorimpadel, dari Sekolah Tinggi Teologi ‘Apostolos’, Yesus itu beragama Yahudi. Lalu, mengapa pengikutnya tak beragama Yahudi?Jika Yesus beragama Katolik, mana dalilnya? kapan Yesus memproklamirkan dirinya beragama Katolik? Jika dinyatakan, Yesus beragama Kristen Protestan, lebih tidak masuk akal lagi, Sebab, Protestan lahir pada abad ke-16, saat bergulirnya pergerakan Reformasi gereja yang dimotori oleh Martin Luther dan John Calvin. Pendeta Yosias Leindert Lengkong dalam buku ‘Bila Mereka Mengatakan Yesus Bukan Tuhan menyebutkan’, istilah “Kristen” muncul di Antiokhia pada 41 Masehi.Dan, yang mengucapkan kata “Kristen” atau “Kristianos” bukan murid Yesus atau orang terpercaya, tapi justru orang-orang luar (hlm.77). Pendapat ini cukup beralasan, karena dalam Alkitab, Yesus tak pernah bersinggungan dengan kata “Kristen”. Kata ini, muncul pertama kali di Antiokhia setelah Yesus tidak ada. (Lihat Kisah Para Rasul 11:26).
    Jelaslah, Yesus tak beragama Kristen, baik Katolik maupun Protestan. Riwayat penyebutan “Kristen” tidak mempunyai asal-usul dan persetujuan dari Yesus. Label dan penamaan Kristen diberikan pada pengikut (agama) Yesus, setelah bertahun-tahun Yesus tidak ada. Dalam al-Qur’an disebutkan, satu-satunya agama yang diridhai Allah hanyalah ISlam (QS Ali Imran: 19,85,102). Karenanya, semua Nabi beragama Islam dan pengikutnya disebut muslim (QS Ali Imran:84).
    Islam telah diajarkan oleh paran Nabi terdahulu (QS al-Hajj:78). karena Isa Almasih adalah Nabi Allah, maka dia dan pengikutnya (Hawariyyun) pun beragama Islam (QS al-Maidah:111, Ali Imran :52). Semua Nabi beragama dan berakidah sama, yakni Islam. Perbedaan mereka hanya pada syariatnya (QS al-Hajj:67-68). Rasulullah saw bersabda: “Aku adalah orang yang paling dekat dengan Isa putra Maryam di dunia dan akhirat. Dan semua Nabi itu bersaudara karena seketurunan, ibunya berlainan sedang agamanya satu (ummahatuhum syattaa wa dinuhum wahid),” (HR Bukhari dari Abu Hurairah ra).
    Islam tak mengklaim sebagai agama baru yang dibawa Nabi muhammad ke Jazirah Arabia, melainkan sebagai pengungkapan kembali dalam bentuknya yang terakhir dari agama Allah SWT yang sesungguhnya, sebagaimana ia telah diturunkan pada Adam dan Nabi-nabi berikutnya. Satu-satunya kitab suci di dunia yang mengungkapkan agama Yesus, hanya al-Qur’an. Al-Qur’an menyebutkan, Nabi Isa sebagai Muslim, sedangkan Bibel tidak menyebutkan Yesus beragama Kristen atau Yahudi.

    Kaum Muslim percaya bahwa Allah mewahyukan al-Qur’an kepada Muhammad sebagai Khataman Nabiyyin (Penutup Para Nabi) dan menganggap bahwa al-Qur’an dan Sunnah (setiap perkataan dan perbuatan Muhammad) sebagai sumber fundamental Islam.[10] Mereka tidak menganggap Muhammad sebagai pengasas agama baru, melainkan sebagai pembaharu dari keimanan monoteistik dari Ibrahim, Musa, Isa, dan nabi lainnya
    *** inilah syahadat Yesus

    Yohanes 17:3
    Inilah hidup yang kekal itu,yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satu nya Allah yang benar,dan mengenal Yesus Kritus yang telah Engkau utus.

    Jika kita hidup dijaman Yesus diutus dan kita termasuk suku israel tentu kita bersyahadat sprti diatas.Hanya saja Allah telah mengutus Nabi yg terakhir yaitu Muhammad saw..dan syahadatnya pun beda,namun tujuannya sama yaitu mengenalkan hanya Allah yg Esa..

  10. memang Yesus tidak datang untuk membawa agama bung, sapa yang bilang Yesus datang membawa agama…?? kami selamat bukan karena kami beragama kristen, tetapi karena kami mengikuti Yesus….oke Yesus beragama Yahudi, tetapi anda tau sendiri berapa kali Yesus melanggar perintah agama Yahudi..???

    sebagai contoh Yesus menyembuhkan orang sakit pada hari sabat, yang seharusnya tidak boleh menurut agama Yahudi….

    tetapi apa, ini sisi keTuhanan Yesus, dia mengutamakan sisi kemanusiaan daripada harus menuruti peraturan Agama Yahudi pada saat itu….

    jadi sekali lagi…orang bukan selamat karena agama apa yang dia anut…tetapi karena iman dan kepercayaan dia kepada Tuhan…..

    kalau anda berpikir bahwa hanya orang muslim lah yang masuk surga, silahkan…tetapi saya hanya kecewa dengan Tuhan anda yang menciptakan manusia dengan takdir2 masing untuk menjadi sesuai yang diinginkan Tuhan termasuk beragama apa saja….tetapi justru kemudian Tuhan itu sendiri yang memisah2kan manusia berdasarkan aturan yang dia buat…dan pada hari akhir Tuhan akan memisahkan manusia berdasarkan agamanya….apakah itu Tuhan atau seorang Raja yang absolut???? dimana sisi keTuhanannya

    • @xavierifex2
      anda mengatakan bahwa Yesus tidak membawa agama…?
      perhatikan sabda Yesus ini
      “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.(Mat.5:17-20)
      Matius 7: 21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan KEHENDAK Bapa-Ku yang di sorga.
      ini artinya bahwa Yesus menyuruh melakukan syariat agama yang di lakukan nabi sebelumnya.🙂

      ***anda mengatakan bahwa anda pengikut Yesus…?
      anda bukanlah pengikut Yesus,karena Yesus diutus hanya untuk umat israel saja.
      “YESUS diutus hanya untuk umat ISRAEL.”
      “Jawab Yesus :”Aku di utus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel”. (Matius 15:24).
      Kedua belas murid itu di utus oleh Yesus dan ia berpesan kepada mereka:”Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk kedalam kota orang Samaria,melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.(Matius 10:5-6).
      Hal ini diperkuat dengan duduk nya 12 murid untuk menghakimi kedua belas suku israel (Matius 19:28)
      ….Sama seperti Bapa mengutus Aku,demikian juga sekarang Aku mengutus kamu”. (Yohanes 20:21)

      Luas perutusan Yesus kepada murid2 nya adalah sama dengan luas perutusan yang diterimanya oleh Yesus dari Bapa. Jadi tidak mungkin Yesus mengutus murid-muridnya lebih luas dari perutusan nya sendiri yang diterima nya dari Bapa.
      Apakah anda termasuk umat dari 12 suku israel itu ….? tentu tidak …!😀

      • oke..mengenai hukum taurat dan Yesus, ini penjelasannya

        Ada pendapat dengan menggunakan ayat dalam Matius 5:18 mengatakan bahwa Taurat itu berlaku selamanya, satu iota (satu titik) pun tidak ditiadakan. Namun biasanya pendapat yang mengatakan ini mengabaikan frasa yang juga terdapat pada ayat itu, yaitu frasa “sebelum semuanya terjadi”. Padahal frasa inilah kunci dalam memahami ayat tsb.

        Untuk mengerti makna dalam Matius 5:18, sebaiknya juga dibaca ayat-ayat sesudahnya, tentang “iota” yang dipermasalahkan, adalah berhubungan dengan hal-hal yang akan segera digenapi Yesus Kristus dalam pelayananNya di dunia ini, untuk itulah Ia berkata “satu iota-pun tidak akan dibatalkan sebelum semuanya terjadi”, Maksud dari “semuanya terjadi” ini adalah berkaitan dengan hal-hal yang akan segera digenapi oleh Tuhan Yesus Kristus, yaitu kematianNya dan kebangkitanNya yang dengan sendirinya akan menggenapi Hukum Taurat.

        Mari kita baca bersama :

        * Matius 5:18
        LAI TB, Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi
        KJV, For verily I say unto you, Till heaven and earth pass, one jot or one tittle shall in no wise pass from the law, till all be fulfilled.
        TR, αμην γαρ λεγω υμιν εως αν παρελθη ο ουρανος και η γη ιωτα εν η μια κεραια ου μη παρελθη απο του νομου εως αν παντα γενηται
        Interlinear, amên {sesungguhnya} gar {karena} legô {Aku berkata} humin {kepadamu} heôs an {sampai} parelthê {berlalu} ho ouranos {langit} kai {dan} hê gê {bumi} iôta {iota (titik)} hen {satu} hê {atau} mia {satu} keraia {garis kecil (dari sebuah huruf)} ou mê {pasti tidak} parelthê {berlalu} apo {dari} tou nomou {Taurat} heôs an {sampai} panta {semua} genêtai {terjadi}.

        ιωτα – iôta adalah huruf Ibrani “YOD” atau “WAW”, yang artinya “titik” dan garis kecil. huruf ini dalam tulisan Ibrani sering boleh saja dihilangkan.

        “selama belum lenyap langit dan bumi ini” artinya pada masa ini –> ini menunjukkan keabadian Taurat itu.

        dikontraskan dengan :

        “satu ιωτα – iôta atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi”

        Kata “ditiadakan”: Yunani “παρελθη – parelthê’ dari kata παρερχομαι – parerkhomai adalah kata yang sama dengan lenyap.

        “semuanya terjadi” : Yunani “γενηται – genêtai” dari kata γινομαι – ginomai. Kata ini sering dipakai oleh Matius untuk sesuatu yang terjadi sebagai penggenapan nubuat (bandingkan dengan Matius 1:22, 21:4, 24:6, 26:54, 56) sbb:

        Matius 1:22 : Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi
        Matius 21:4 : Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi
        Matius 24:6 : Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.
        Matius 26:54 : Jika begitu, bagaimanakah akan digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci, yang mengatakan, bahwa harus terjadi demikian?
        Mat 26:56 : Akan tetapi semua ini terjadi supaya genap yang ada tertulis dalam kitab nabi-nabi.” Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.

        Pada Matius 24:34-35 sejajar dengan Matius 5:18 :

        * Matius 24:34-35
        24:34 LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi
        TR Translit, amên legô humin hoti ou mê parelthê hê genea autê heôs an panta tauta genêtai
        24:35 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu
        TR Translit, ho ouranos kai hê gê pareleusetai pareleusontai hoi de logoi mou ou mê parelthôsin

        Kata γινομαι – ginomai dan παρερχομαι – parerkhomai sama-sama dipakai dalam ayat diatas. Maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa pada masa ini tidak akan ada yang dilenyapkan dari Firman yang tertulis dalam Perjanjian Lama. Sampai semua yang dinubuatkan dalam Perjanjian Lama tentang Mesias sudah terjadi, dengan begitu artinya yang sepenuhnya sudah nyata.

        Selanjutnya kita teruskan ke ayat 19, supaya lebih :

        * Matius 5:19
        LAI TB, Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.
        KJV, Whosoever therefore shall break one of these least commandments, and shall teach men so, he shall be called the least in the kingdom of heaven: but whosoever shall do and teach them, the same shall be called great in the kingdom of heaven.
        TR, ος εαν ουν λυση μιαν των εντολων τουτων των ελαχιστων και διδαξη ουτως τους ανθρωπους ελαχιστος κληθησεται εν τη βασιλεια των ουρανων ος δ αν ποιηση και διδαξη ουτος μεγας κληθησεται εν τη βασιλεια των ουρανων
        Translit, hos ean {siapa saja yang} oun {karena itu} lusê {meniadakan/memperlunak} mian {satu} tôn entolôn {dari perintah-perintah} toutôn {ini} tôn elakhistôn {yang paling kecil} kai {dan} didaxê {mengajarkan} houtôs {demikian} tous anthrôpous {orang-orang} elakhistos {yang paling kecil} klêthêsetai {ia akan dipanggil} en {didalam} tê basileia {Kerajaan} tôn ouranôn {Surga} hos d an {tetapi siapa saja} poiêsê {melakukan} kai {dan} didaxê {mengajarkan} outos {(orang) ini} megas {yang besar} klêthêsetai {akan dipanggil} en {didalam} tê basileia {kerajaan} tôn ouranôn {Surga}

        Ayat diatas memperluas prinsip dari apa yang “digenapi” dengan datangnya Kristus, ke sikap para murid terhadap hukum Taurat.

        Kata “λυση – lusê”, verb – ditulis dalam bentuk aorist active subjunctive – third person singular
        Dari kata λυω – luo, leksikon Yunani, to loosen — break (up), destroy, dissolve, (un-)loose, melt, put off

        Kata “λυση – lusê” (meniadakan/ memperlunak), yang dilakukan oleh orang-orang Farisi. Dengan cara penafsiran mereka yang kasuistik, mereka membuat Hukum Taurat itu dapat gampang dilaksanakan karena memperlemah (memperlunak) kuasa moral Hukum Taurat itu. Mereka akan “menduduki tempat yang paling rendah….., menduduki tempat yang paling tinggi…” artinya secara harfiah akan disebut “tak berarti”

        Sebaliknya, Yesus mengatakan “yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga”.
        segala perintah menunjuk kepada Hukum Taurat PL dan hal-hal yang segera menyusul, yakni rumusan Kristus yang lebih dalam tentang Hukum Taurat yang menunjukkan kepada penggenapan sesungguhnya (Matius 5:38, Matius 22:34-40 dst). Yesus Kristus merujuk kepada diriNya yang akan segera mengajarkan kegenapan Taurat, revitalisasi dari Taurat yang Ia rumuskan dalam Hukum yang baru, yaitu HUKUM KASIH :

        Kita lanjut ayat 20 :

        * Matius 5:20
        LAI TB, Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
        LAI TL, Karena Aku berkata kepadamu: Jikalau tiada kebenaranmu terlebih daripada kebenaran segala ahli Taurat dan orang Parisi, sekali-kali tiada dapat kamu masuk ke dalam kerajaan surga
        KJV, For I say unto you, That except your righteousness shall exceed the righteousness of the scribes and Pharisees, ye shall in no case enter into the kingdom of heaven.
        TR, λεγω γαρ υμιν οτι εαν μη περισσευση η δικαιοσυνη υμων πλειον των γραμματεων και φαρισαιων ου μη εισελθητε εις την βασιλειαν των ουρανων
        Translit, legô gar humin hoti ean mê perisseusê humôn hê dikaiosunê humôn pleion tôn grammateôn kai pharisaiôn ou mê eiselthête eis tên basileian tôn ouranôn.

        Disini padanan kata Yunani δικαιοσυνη – dikaiosunê, kebenaran, dalam terjemahan lama (TL) lebih tepat daripada “hidup keagamaan” (TB). Keagamaan berbau kepada inisyatif manusia, justru kurang tepat menggambarkan syarat masuk surga.
        lebih benar : lebih benar, bukan lebih besar! Ahli-ahli Taurat yang adalah orang-orang yang menganggap dirinya sebagai pengajar Hukum Taurat, dan Farisi adalah orang-orang yang mengaku mengerjakan hukum Taurat. Masuk ke dalam Kerajaan Surga itu tergantung pada hubungan dengan Allah dan ini harus diperlihatkan dalam kehidupan dan ajaran yang bersifat mendalam. Kita dituntut untuk melakukan kebenaran itu sebagai syarat untuk masuk ke dalam Kerajaan Surga.

        Sebagai kelanjutan dari Matius 5:19; Tuhan Yesus merangkumkan rumusan baru mengenai Hukum Taurat, lex talionis (Ulangan 19:21), sbb :

        * Ulangan 19:21
        LAI TB, Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, sebab berlaku: nyawa ganti nyawa, mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki.”
        KJV, And thine eye shall not pity; but life shall go for life, eye for eye, tooth for tooth, hand for hand, foot for foot.
        Hebrew,
        וְלֹא תָחֹוס עֵינֶךָ נֶפֶשׁ בְּנֶפֶשׁ עַיִן בְּעַיִן שֵׁן בְּשֵׁן יָד בְּיָד רֶגֶל בְּרָֽגֶל׃ ס
        Translit, VELO TAKHOS ‘EINEKHA NEFESY BENEFESY ‘AYIN BE’AYIN SYEN BESYEN YAD BEYAD REGEL BERAGEL

        Yesus menggenapi ajaran diatas dengan memberikan rumusan baru tentang lex talionis itu , sbb :

        * Matius 5:38,
        5:38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
        5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
        5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
        5:41 Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
        5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.
        5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
        5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
        5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
        5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
        5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian?
        5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

        Tentang ajaran Yesus dalam Matius 5:39: “Jika pipi kananmu ditampar beri juga pipi kirimu!” Tidak bisa kita artikan secara harafiah begitu saja. Bukan berarti Yesus mengajar jika ada kejahatan kita diamkan saja. Tetapi yang hendak ditekankan di sini adalah lebih baik kita balas kejahatan itu dengan kebaikan, daripada membalas dendam. Jika kita terpaksa membela diri, maka itu jangan dilandasi dengan perasaan benci. Dalam ajaran ini Yesus hendak mengingatkan bahwa prinsip balas dendam (lex talionis), keras melawan keras, seperti “mata dibalas mata, gigi dibalas gigi”, pada hakikatnya tidak akan menyelesaikan masalah.

        Selanjutnya, bisa Anda baca pengertiannya dalam artikel yang berjudul : DITAMPAR PIPI KANAN, BERIKAN PIPI KIRI, di viewtopic.php?p=788#788

        Tidak selesai sampai disitu, Tuhan Yesus kristus kembali memberikan rumusan baru yang dikenal sebagai HUKUM KASIH :

        * Matius 22:36-40
        22:36 “Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?”
        22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
        22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
        22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
        22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

        Artinya, prinsip hukum Taurat tetap dilaksanakan dalam iman kristiani. Tetapi pelaksanaannya telah disempurnakan, dirumuskan ulang, direformulasikan sekaligus direvitalisasikan oleh Tuhan Yesus Kristus.

        Tuhan Yesus memberi pengajaran yang sederhana dan jelas; meskipun kelihatannya sederhana, tetapi hukum diatas mencakup seluruh hukum Taurat!
        Bahwa jika kita mengasihi Allah, maka kita akan melakukan prinsip-prinsip bahwa TUHAN adalah satu-satunya sesembahan kita, dan pelaksanaan ini akan selaras dengan Firman ke1-5 dalam Dasa Titah. Jika kita mengasihi sesama, tentu kita tidak boleh membunuh (Firman ke 6); berzinah (Firman ke 7) dan seterusnya. Dan semuanya akan selaras dengan (Firman 6-10).

        10 Firman (Dasa Titah, Ibrani : ‘ASERET HADEVÂRÏM), menulis “Jangan ini, jangan itu” harus kita akui, memang cenderung negatif. Juga bermacam-macam perintah yang tersebar dalam ke-5 kitab Musa itu berbeda gaya dengan apa yang dirumuskan Yesus tentang Hukum Kasih yang lebih positif “Hendaklah begini atau begitu”. Dasa Titah memberi peringatan bahwa orang telah salah jalan, sedangkan Hukum Kasih memberi petunjuk, ke mana orang mesti putar haluan.

        Tuhan Yesus merangkum Taurat itu menjadi 2 point yang sederhana. Pelaksanaan HUKUM KASIH sudah mencerminkan seluruh hukum Taurat (ayat 40).

        Firman dalam PL tetap merupakan Firman Allah bagi orang percaya, sebab semuanya adalah dasar dari Perjanjian Baru.
        Kita tidak akan bisa mengerti arti “kurban Yesus” tanpa melihat dan memahami dosa asal yang diperbuat Adam-Hawa.
        Kita tidak akan mengerti terminologi “Anak Domba Allah” tanpa mempelajari prinsip-prinsip pengampunan dosa yang ada di Perjanjian Lama, kurban bakaran, kurban pengampunan dosa dll.

        Dengan demikian, Yesus telah menggenapi Taurat dan menyempurnakannya. Pada beberapa keterangan Alkitab “Menggenapi” berarti “Memenuhi, sesuai dengan, melaksanakan dengan baik” :

        * Roma 13:10
        Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

        Yesus dan ajaranNya HUKUM KASIH menggenapi HUKUM TAURAT!

        Penjelasannya sebegai berikut :

        II. Tuhan Yesus Kristus Menggenapi Hukum Taurat

        ada 4 pengertian “menggenapi” yang berkaitan dengan hal ini.

        1. Menggenapi semua nubuatan mengenai diriNya dalam kitap Taurat, Nabi-nabi dan Mazmur.

        * Lukas 24:44
        Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”

        * Matius 1: 22-23
        Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita. –> Yesaya 7 : 14

        * Matius 2:14-15
        Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku.” –> Hosea 11:1

        * Matius 2:17:18
        Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: “Terdengarlah suara di Rama, tangis dan ratap yang amat sedih; Rahel menangisi anak-anaknya dan ia tidak mau dihibur, sebab mereka tidak ada lagi.” –> Yeremia 31: 15

        * Matius 4: 13-16
        Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: “Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, — bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang.”
        Yesaya 8: 23 – 9:1

        * Matius 8:17
        Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: “Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita.” Yesaya 53:4

        * Matius 12: 16-21
        Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: “Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa. Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mendengar suara-Nya di jalan-jalan. Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskan-Nya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkan-Nya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang. Dan pada-Nyalah bangsa-bangsa akan berharap.” Yesaya 42 : 1-4

        * Matius 21: 4-5
        Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: “Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.” Zakharia 9:9

        * Kisah Para Rasul 13:35
        telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Ku Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini. Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan Ia tidak akan diserahkan kembali kepada kebinasaan. Hal itu dinyatakan oleh Tuhan dalam firman ini: Aku akan menggenapi kepadamu janji-janji yang kudus yang dapat dipercayai, yang telah Kuberikan kepada Daud.
        Sebab itu Ia mengatakan dalam mazmur yang lain: Engkau tidak akan membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.

        * Yohanes 13:18.
        Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku. –> Mazmur 41: 10

        * Yohanes 18:32
        Demikian hendaknya supaya genaplah firman Yesus, yang dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.

        * Yohanes 19:24
        Karena itu mereka berkata seorang kepada yang lain: “Janganlah kita membaginya menjadi beberapa potong, tetapi baiklah kita membuang undi untuk menentukan siapa yang mendapatnya.” Demikianlah hendaknya supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci: “Mereka membagi-bagi pakaian-Ku di antara mereka dan mereka membuang undi atas jubah-Ku.” Hal itu telah dilakukan prajurit-prajurit itu. –> Mazmur 22:19

        * Yohanes 19:28
        Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia–supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci–:”Aku haus!” –> Mazmur 22: 16, 69: 22

        * Yohanes: 19:36
        Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: “Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan.” Keluaran 12:46; Bilangan 9 : 12; Mazmur 34:21

        * Yohanes 19:37
        Dan ada pula nas yang mengatakan: “Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam.” Zakharia 12: 10

        2. Menggenapi hukum Taurat yang melambangkan pekerjaan penebusan yang dilakukan oleh Kristus (hukum upacara)

        (al. penyembelihan binatang korban yang dibawa si pendosa untuk menjadi penggantinya; pekerjaan Imam di bilik kudus dan pekerjaan pendamaian di bilik maha kudus oleh Imam Besar; hari-hari raya lambang).

        3. Menggenapi hukum Taurat yaitu melakukannya dengan sempurna.
        Menggenapi = to fulfill = memenuhi (melaksanakan dengan penuh, dengan sempurna, tanpa cacat ).

        Kita tidak bisa melaksanakan hukum Taurat dengan sempurna, namun Kristus telah melakukannya untuk kita. Kristus mendapatkan kebenaranNya bukan karena anugrah tetapi karena Dia memang telah melaksanakan seluruh perintah Allah dengan sempurna. Maka jika kita menerima Kritus menjadi pengganti kita, maka kebenaran Kristus menjadi milik kita.

        * Roma 8:1-4
        8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.
        8:2 Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.
        8:3 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging,
        8:4 supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.

        Gagal melaksanakan hukum Taurat mendatangkan hukuman (maut), daging kita tak berdaya melaksanakannya. Tapi hukuman maut itu sudah ditanggung Kristus. Kita kini hidup menurut Roh, yang menyanggupkan kita memenuhi kehendak Tuhan dalam hukumNya, yang mana tadinya tidak berdaya oleh daging.

        * Roma 8:12-13
        8:12 Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging.
        8:13 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.

        Catatan :
        Pada beberapa keterangan Alkitab “Menggenapi” berarti “Memenuhi, sesuai dengan, melaksanakan dengan baik”.

        * Matius 3:15
        Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” Dan Yohanespun menuruti-Nya.

        * Roma 13:10
        Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

        4. Menggenapi/ mengakhiri hukum Taurat sebagai alat mendapatkan Kebenaran

        * Roma 10:4
        LAI TB, Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.
        KJV, For Christ is the end of the law for righteousness to every one that believeth.”
        TR, τελος γαρ νομου χριστος εις δικαιοσυνην παντι τω πιστευοντι
        Translit, telos gar nomou khristos eis dikaiosunên panti tô pisteuonti

        Interpretasi ayat ini harus lah selaras dengan bagian lebih awal dari tulisan Paulus dalam surat yang sama kepada jemaat Roma (Roma 3 : 31), yaitu :
        “Adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.”

        Paulus selaras dengan Kristus, yang menyatakan bahwa Dia datang bukan untuk meniadakan Taurat. (Matius 5:17. “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya). Yesus Kristus sendirilah yang melaksanakan Hukum Taurat dengan sempurna, sekaligus menggenapiNya. Untuk itu umat yang percaya kepada Yesus Kristus tidak dituntut untuk melaksanakan Taurat, tetapi melaksanakan ajaran yang telah disempurnakanNya yang terangkum dalam HUKUM KASIH.

        —–

        Sekarang bagaimana dengan ayat dalam Efesus 2:15 yang menulis “sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan Hukum Taurat?
        Apakah hal ini berkontradiksi?

        Pengertiannya demikian :
        – Yesus Kristus menggenapi Hukum Taurat, ajaran-ajaranNya telah merefomulasi Hukum Taurat.
        – Tetapi, kematianNya, membatalkan Hukum Taurat.

        Maksudnya begini :

        Yesus Kristus telah benar-benar menggenapi Hukum Taurat dengan kematianNya, dengan demikian arti dari “satu iota-pun tidak akan dibatalkan sebelum semuanya terjadi” (Matius 5:18 ), bermakna bahwa “satu iota-pun tidak akan dibatalkan sebelum Yesus melaksanakan semua misiNya”, selengkapnya kita baca bersama penjelasan dibawah ini:

        III. Kematian Kristus di Kayu Salib Membatalkan Hukum Taurat

        “satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi”

        Artinya kalau Yesus tidak/ belum menggenapi TAURAT secara sempurna dengan mati di kayu salib, walau sampai langit dan bumi lenyap TAURAT tidak akan ditiadakan.

        Tetapi nyatanya Ia telah menyelesaikannya/ menggenapinya dengan sempurna, dengan tegas di kayu salib Ia berkata “SUDAH SELESAI”, lihat ayat ini :

        * Yohanes 19:30
        LAI TB, Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.
        KJV, When Jesus therefore had received the vinegar, he said, It is finished: and he bowed his head, and gave up the ghost.
        The Orthodox Jewish Brit Chadasha, Therefore, when Rebbe, Melech HaMoshiach received the vinegar, he said, “Nishlam!” and having bowed his rosh, Rebbe, Melech HaMoshiach gave up his neshamah.
        TR, οτε ουν ελαβεν το οξος ο ιησους ειπεν τετελεσται και κλινας την κεφαλην παρεδωκεν το πνευμα
        Translit Interlinear, hote {sesudah} oun {oleh karena itu} elaben {Dia menerima} to oxos {anggur asam} ho iêsous {Yesus} eipen {Dia berkata} tetelestai {sudah selesai} kai {dan} klinas {menunduk} tên kephalên {kepala} paredôken {Dia menyerahkan} to pneuma {Roh}

        Perkataan terakhir dari 7 perkataan salib “τετελεσται – tetelestai” (sudah selesai) menggunakan Kata Perfek yang berarti penebusan telah dilaksanakan, sekali untuk selamanya, efeknya terasa hingga kini. Perfect Tense dalam tata bahasa Yunani ini memiliki fungsi yang khas. Tidak ada padanan baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang mampu menyatakan makna yang terkandung di dalamnya secara utuh.

        Perfect Tense melibatkan tiga gagasan: tindakan yang berlangsung intensif; tindakan yang mengarah pada titik penyelesaian; dan keberadaan dari hasil tindakan. Proses yang dilibatkan dalam Perfect Tense adalah proses yang telah mencapai penyelesaian dengan suatu hasil pasti dari sudut pandang pembaca.

    • @xavierifex
      Anda mengatakan bahwa kelak di hari akhir nanti Tuhan akan memisah misah kan sesuai agama nya….?
      tentu tidak lah demikian, Allah hanya memilih orang yang bertaqwa saja. meskipun muslim namun tidak bertaqwa apalah artinya….? taqwa adalah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan Nya. sama seperti sabda Yesus
      Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah.” ( matius 19:17)

  11. “tetapi justru kemudian Tuhan itu sendiri yang memisah2kan manusia berdasarkan aturan yang dia buat”

    ya salahmu sendiri memisahkan diri, hidup ini kan pilihan coy. Allah memerintahkan agar seluruh manusia bersatu dalam satu agama yaitu Islam, agama terahir yang berasal dari Tuhan Semesta Alam yang merupakan penyempurna dan pelengkap agama-agama terdahulu, serta yang mengkoreksi kesalahan-kesalahan yang ada pada agama terdahulu yang disebabkan karena ulah para perusak agama (contoh perusak agama yaitu paulus).

    Nah… manusia itu kan diberi kehendak untuk bebas memilih, sekarang tinggal terserah situ, mau bersatu dalam agama Islam atau memisahkan diri seperti ungkapanmu diatas itu. Kalo situ memilih untuk memisahkan diri ya jangan salahin Allah mas. Salahin aja dirimu sendiri.

    • ?? Allah sudah mengetahui takdir2 manusia…
      kalau seandainya pendapat anda benar..berarti seharusnya Allah berkehendak untuk semua manusia yang ada di bumi ini beragama islam begitu?
      karena saya yakin Allah ingin semua manusia masuk surga? benar tidak?

      bukan kah sebelum manusia dilahirkan Tuhan sudah mengetahui tentang apa yang bakal menjadi agama nya kelak?? atau Tuhan sebelumnya tidak mengetahui itu???

  12. kemudian mengenai masalah perutusan nya…

    Urutan prioritas pengabaran Injil di era Yesus Kristus dan para rasul adalah pertama-tama orang Yahudi, kemudian orang Yunani. Prioritas ini terlebih-lebih berlaku bagi Yesus Kristus, yang tugas-Nya adalah memanggil umat Allah kepada pertobatan dan kepada pengenalan akan panggilan mereka melalui Mesias untuk membawa Injil kepada semua orang.

    * Roma 1:16
    “Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.”

    Lukas 24:47-48
    “dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

    Kamu adalah saksi dari semunya ini”

  13. […] Masya Allah, dalam al-Quran, Kata Isa dan Adam keduanya disebut sebanyak 25 kali. Dan yang sangat menakjubkan adalah kata Adam dan Isa yang ke 19 terdapat pada surat maryam (surat ke 19), dimana kata isa yang ke 19 ada pada ayat 34 dan kata Adam yang ke 19 ada pada ayat 58. Dan perbedaan ayat dari nomor ayat 34 ke ayat 58 ialah 25 ayat. lihat lebih jelasnya di sini: Perumpamaan Isa disisi Allah […]

  14. http://thepingue.com/community/members/cialisohnerezept.html
    [b]CIALIS KAUFEN Kaufen Preiswerten CIALIS CIALIS Germany[/b]
    http://www.agents-ng.com/forum/member.php?u=37538
    [b]CIALIS KAUFEN CIALIS OHNE REZEPT CIALIS Suisse[/b]
    http://www.attc.edu.au/forum2/member.php?u=12769
    Tadalafil, angeboten unter dem Namen Cialis, ist eine neue Gruppe von Medikationen, welche adaquate sexuelle Stimulation erlaubt, die Blutgefa?e des Penis entspannt und der Erektion hilft. Die empfohlene Dosis von Tadalafil betragt 20mg.
    Cialis ist das einzige Medikament, welches nicht nur schnell wirkt (wirkt in 30 Minuten) sondern auch bis zu 36 Stunden effektiv bleibt, das Ihnen ermoglicht den richtigen Moment fur Sie und ihren Partner zu wahlen. Sie konnen Cialis am Morgen einnehmen und Sie sind bereit fur den richtigen Moment wahrend des Tages, Abends oder auch wahrend des nachsten Tages. Millionen Manner wurden von der effektiven Wirkung in Milde und von der gema?igten oder harten erektile Dysfunktion von Cialis uberzeugt.
    [center][url=http://www.viagra-billig.medsjoy.biz][img]http://www.viagrakaufen.enjoymeds.biz/kaufen_cialis.jpg[/img][/url][url=http://www.viagra-billig.medsjoy.biz][img]http://www.viagrakaufen.enjoymeds.biz/kaufen_levitra.jpg[/img][/url][url=http://www.viagra-billig.medsjoy.biz][img]http://www.viagrakaufen.enjoymeds.biz/kaufen_viagra.jpg[/img][/url][/center]
    [b]KAUFEN CIALIS ONLINE CIALIS[/b]
    [url=http://pakilovers.com/bf/member.php?u=225 ]CIALIS REZEPTFREI KAUFEN[/url] – BESTELEN BILLIG CIALIS ONLINE
    [b]CIALIS KAUFEN PREISVERGLEICH CIALIS CIALIS Rezeptfrei[/b]
    [url=http://www.ewheatgrass.com/wheatgrassjuice/members/cialiskaufen.html]CIALIS OHNE REZEPT KAUFEN[/url] – BILLIG CIALIS BESTELLEN
    [b]CIALIS KAUFEN Kaufen CIALIS Ohne Vorschrift CIALIS Apotheke[/b]
    [b]CIALIC® kaufen
    CIALIC preis
    CIALIC information
    CIALIC online bestellen[/b]

  15. http://www.agents-ng.com/forum/member.php?u=37538
    [b]CIALIS KAUFEN BESTELLEN CIALIS CIALIS prices[/b]
    http://thepingue.com/community/members/cialisohnerezept.html
    [b]CIALIS KAUFEN KAUFEN REZEPTFREI CIALIS CIALIS alternativ[/b]
    http://www.onrpg.com/boards/member-cialiskaufen.html
    Tadalafil, angeboten unter dem Namen Cialis, ist eine neue Gruppe von Medikationen, welche adaquate sexuelle Stimulation erlaubt, die Blutgefa?e des Penis entspannt und der Erektion hilft. Die empfohlene Dosis von Tadalafil betragt 20mg.
    Cialis ist das einzige Medikament, welches nicht nur schnell wirkt (wirkt in 30 Minuten) sondern auch bis zu 36 Stunden effektiv bleibt, das Ihnen ermoglicht den richtigen Moment fur Sie und ihren Partner zu wahlen. Sie konnen Cialis am Morgen einnehmen und Sie sind bereit fur den richtigen Moment wahrend des Tages, Abends oder auch wahrend des nachsten Tages. Millionen Manner wurden von der effektiven Wirkung in Milde und von der gema?igten oder harten erektile Dysfunktion von Cialis uberzeugt.
    [center][url=http://www.viagra-billig.medsjoy.biz][img]http://www.viagrakaufen.enjoymeds.biz/kaufen_cialis.jpg[/img][/url][url=http://www.viagra-billig.medsjoy.biz][img]http://www.viagrakaufen.enjoymeds.biz/kaufen_levitra.jpg[/img][/url][url=http://www.viagra-billig.medsjoy.biz][img]http://www.viagrakaufen.enjoymeds.biz/kaufen_viagra.jpg[/img][/url][/center]
    [b]KAUFEN CIALIS ONLINE CIALIS[/b]
    [url=http://pakilovers.com/bf/member.php?u=225]CIALIS BILLIG[/url] – CIALIS im Internet Kaufen
    [b]CIALIS KAUFEN CIALIS BESTELLEN CIALIS Suisse[/b]
    [url=http://www.omegin.com/carmol-proactive/forum/profile.php?mode=viewprofile&u=9&sid=af62f807a9e1afcbe3bd0236d6813852]BESTELLEN CIALIS[/url] – KAUFEN Preiswerter CIALIS
    [b]Cialis Generikum wird bei Erektionsstorungen verschrieben. Es wird zu einer indischen zertifizierten Firma hergestellt, die von der Gesundheitsbehorde anerkannt wurde. Das Medikament wirkt schnell (bereits innerhalb einer halben Stunde), seine Wirkung halt auch lange an (36 Stunden), damit Sie den richtigen Zeitpunkt wahlen konnen. Millionen von Mannern schworen auf Cialis, weil es schnell, mild, moderat oder sehr harte Erektionen ermogli.[/b]
    [i][b]Tadalafil tablet
    http://www.forexindo.com/forum/members/cialiskaufen.html
    Was ist das fur eine Medizin?
    TADALAFIL behandelt Erektionsstorungen bei Mannern, wird aber auch momentan in der Phase 3 klinischer Versuche zur Behandlung pulmonary arterial hypertension. [/b][/i]
    [b]CIALIS KAUFEN Preiswerter CIALIS CIALIS Nederland[/b]
    [b]CIALIC® kaufen
    CIALIC preis
    CIALIC information
    CIALIC online bestellen[/b]

  16. http://beta.ogi.gov.sl/phorum/index.php?topic=93637.0
    [b]CIALIS Rezeptfrei
    BILLIG CIALIS Rezeptfrei – [url=http://www.kolab1.com/forum/member.php?u=911]REZEPTFREI CIALIS KAUF[/url] – CIALIS ONLINE KAUFEN
    KAUFEN Preiswerter CIALIS
    KAUFEN Preiswertester CIALIS
    CIALIS im Internet Kaufen
    KAUFEN CIALIS – http://heartless.fsl.pl/cialis-kaufen-billig-euro-1-10-pro-pille-cialis-im-internet-t19.html
    BILLIG CIALIS im Internet Kaufen
    CIALIS im Internet Kaufen BILLIG
    CIALIS im Internet BESTELLEN
    BESTELLEN CIALIS im Internet
    CIALIS Online Kaufen
    Kaufen CIALIS in Deutschland
    Kaufen CIALIS Ohne Vorschrift
    Kaufen Preiswerten CIALIS
    Preiswerter CIALIS
    Preiswertester CIALIS
    KAUF CIALIS
    CIALIS KAUF
    KAUF CIALIS ONLINE
    CIALIS KAUF ONLINE
    ONLINE KAUF CIALIS
    ONLINE CIALIS KAUF
    CIALIS KAUFEN OHNE REZEPT
    CIALIS OHNE REZEPT
    CIALIS KAUF OHNE REZEPT
    CIALIS OHNE REZEPT KAUFEN
    KAUFEN CIALIS OHNE REZEPT
    KAUF CIALIS OHNE REZEPT
    CIALIS REZEPTFREI KAUFEN
    KAUFEN REZEPTFREI CIALIS
    REZEPTFREI KAUFEN CIALIS
    REZEPTFREI CIALIS KAUFEN
    CIALIS REZEPTFREI KAUF
    KAUF REZEPTFREI CIALIS
    REZEPTFREI KAUF CIALIS
    REZEPTFREI CIALIS KAUF
    CIALIS PREISVERGLEICH
    PREISVERGLEICH CIALIS
    CIALIS REZEPTFREI BESTELLEN
    BESTELLEN REZEPTFREI CIALIS
    REZEPTFREI BESTELLEN CIALIS
    REZEPTFREI CIALIS BESTELLEN
    CIALIS BESTELLEN OHNE REZEPT
    CIALIS OHNE REZEPT
    CIALIS OHNE REZEPT BESTELLEN[/b]

  17. aaaaaaaaaa

  18. похудеть толстыйдиет врачдиета с помощью лимонного сокаможно ли похудеть в тренажерном залесамый эффективный бад для похуденияцентр похудения доктора борменталь в москведневник правильного питания и тренировок для быстрого и эффиктивного похудениясамая безопасная и эффективная диетая похудела а живот остался как его убратьс чем можно пить кефир при диетеотзывы об пластырях для похудениядиета при низком сахара в кровисалаты не диетическиеоткрытые уроки по правильному питанию для 5-8 классовдиеты для спортсменов набор весадиета ани из школы ремонтацитата про лишний весдиета при рвоте у кошеккремлевская диета и беременостьпоиск правила и нормы охраны тркда на предприятиях общественного питания

  19. Good question

  20. makasih krn dah memposting ayatnya…

  21. Sesungguhnya perumpamaan Isa di sisi Allah, adalah seperti Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah dia.
    QS. Ali Imran (3) : 59,. Adam tanpa ibu bapak, dan Isa ada Ibu, Orang kristen percaya bahwa adam itu Nabi, tapi kenapa tidak percaya Isa Nabi, kalau kalian menyembah Isa kenapa kalian tidak menyembah Adam yang lebih awal tanpa ibu dan bapak. Tuhan itu tidak ada permulaan dan akhir, kenapa konsep tuhan muncul ketika setelah diangkatnya Isa oleh Alloh , kaum israil bikin konsep Isa (jesus) itu tuhan anak Alloh. Kalau Jesus tuhan lalu siapa tuhannya Adam dan Ibrahim, dan nabi-nabi sebelum jesus, Mereka tidak mengenal jesus, Tuhan mereka Alloh sama seperti Tuhan Isa dan juga Musa dan Juga Muhammad peace be upon him. Tidakah kalian berpikir wahai kaum nasroni, padahal ada segolongan kaum nya nabi isa yang benar benar mengikuti beliau kaum hawariyin, mereka bertauhid menyembah Alloh semata dan tidak menyembah Isa. adakah dalam Injil dikatakan bahwa Isa menyuruhb umatnya untuk menyembah nya? Dalam Al-Quran dijelaskan,
    dalam surat Almaidah ayat 116: Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”.

    Sesungguhnya Al-Quran itu berasal dari Tuhan yang sama yang memberikan Injil kepada Isa, Zabur kepada Daud, Taurat kepada Musa.

    semoga bermanfaat, semoga engkau kaum nashoro mendapat hidayah. dibukakan mata hatinya oleh Alloh.

    Aapakah engkau beriman atau kafir tidak memberikan manfaat sedikitpun bagi Alloh, Alloh Maha Kaya, tidak butuh kepada mahlukNya.

    Wallohualam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: